Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

9 Cara Mengobati Cacar Air, dari yang Alami hingga Medis

Myles Bannister

Cacar air adalah infeksi virus yang menyebabkan gejala seperti flu dan gatal-gatal. Ketahui cara mengobati cacar air agar tidak menyebar dan cepat kering dalam pembahasan ini.

Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

Meskipun vaksin varicella mampu mencegah cacar air efektif hingga 90%, virus varicella zoster yang menyebabkan penyakit ini tidak ada obatnya. Cacar air mudah menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Berikut cara menyembuhkan cacar air agar tidak menyebar, cepat kering, dan hilang:

1. Menggunakan lotion calamine

Lotion calamine mengurangi rasa gatal secara signifikan. Obat cacar air ini mengandung zinc oxide yang menenangkan kulit.

Gunakan kapas atau jari tangan yang bersih untuk mengaplikasikannya. Oleskan lotion calamine ke permukaan kulit yang gatal. Obat untuk cacar air ini boleh digunakan di seluruh tubuh, kecuali area mata.

2. Es krim tanpa gula

Es krim tanpa gula meredakan sariawan dan nyeri akibat cacar air yang muncul di mulut. Es krim juga mencegah dehidrasi pada penderita cacar air.

3. Berendam dengan oatmeal

Merenyahkan tubuh di oatmeal menenangkan kulit dan meredakan gatal akibat cacar air. Mandi oatmeal juga mencegah cacar air menyebar ke seluruh tubuh.

Berikut cara mempersiapkan mandi oatmeal:

  • Ambil 90 gram oatmeal untuk anak di atas 5 tahun, atau 30 gram untuk bayi dan balita. Gunakan oatmeal instan tanpa rasa, lalu haluskan dengan food processor hingga serbuk lembut.
  • Masukkan oatmeal halus ke dalam kain tipis atau kantong.
  • Siapkan air hangat untuk berendam, lalu masukkan kantong berisi oatmeal ke dalamnya. Berendamlah selama kurang dari 20 menit.

Cara mengobati cacar air pada anak juga bisa dilakukan dengan mengoleskan langsung ke kulit untuk menenangkan kulit yang terluka karena cacar air.

4. Gunakan sarung tangan untuk mencegah garukan

Bayi dan anak mudah menggaruk cacar air karena gatal, sehingga kulitnya lecet. Kenakan sarung tangan pada anak saat tidur untuk mencegahnya menggaruk kulit. Gunting juga kuku anak agar tidak tajam saat bersentuhan dengan kulitnya.

5. Mandi baking soda

Mandi baking soda meredakan gatal akibat cacar air. Siapkan air hangat secukupnya, lalu tambahkan 90 gram baking soda. Berendam selama 15-20 menit akan menenangkan kulit dan mengurangi gatal.

Perlu diingat, cek kulit Anda apakah bisa mentoleransi kandungan baking soda sebelum mencobanya. Jika mengalami efek iritasi dan alergi yang tidak biasa, jangan menggunakan atau konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan lagi.

6. Kompres dengan teh chamomile

Teh chamomile menenangkan kulit yang meradang karena cacar air. Teh chamomile memiliki efek antiinflamasi dan antiseptik saat menyentuh kulit.

Rebus 2-3 kantong teh chamomile, biarkan dingin. Gunakan kapas untuk mengompreskan teh ke kulit. Tepuk-tepuk lembut kulit dengan telapak tangan sampai kering.

7. Obat penghilang nyeri

Jika cacar air terasa sangat nyeri dan demam, obat oral seperti acetaminophen dapat diminum untuk meredakan rasa nyeri. Hindari memberikan aspirin karena dapat memicu sindrom Reye. Juga hindari penggunaan ibuprofen karena bisa menyebabkan infeksi kulit parah pada penderita cacar air.

8. Jaga suhu tubuh tetap dingin

Kulit terasa lebih gatal saat gerah dan berkeringat. Hindari keringat berlebih saat cacar air. Setelah itu, dinginkan kulit dengan kompres air es untuk menenangkan kulit.

9. Minum banyak air putih

Minumlah air putih banyak untuk mempercepat penyembuhan dari virus. Perbanyak minum air putih, hindari minuman manis dan soda, terutama jika cacar air muncul sebagai sariawan di dalam mulut. Hindari juga makanan pedas dan asin agar kondisi mulut tidak semakin parah.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala cacar air. Selain itu, membuat anak sibuk dengan kegiatan lain bisa mengalihkan perhatiannya dari rasa gatal. Bermain, membaca, atau menonton film bisa menjadi alternatif yang efektif untuk mengalihkan perhatiannya.

Pada akhirnya, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang terbaik, terutama jika beberapa pengobatan di atas tidak meredakan gejala.

Referensi

  1. Anonim. 2021. What’s the Treatment for Chickenpox? (Diakses pada 29 September 2021).
  2. Jon Johnson. 2019. Home remedies for relief from chickenpox symptoms. (Diakses pada 29 September 2021).
  3. Rachel Nall, MSN, CRNA. 2019. 7 Home Remedies for Chickenpox. (Diakses pada 29 September 2021).

About The Author

Manfaat Barley untuk Kesehatan (Kandungan Nutrisi Lengkap)

Tips dan Trik Alami Menjadi Wanita Seksi