Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

13 Cara Menaikkan Trombosit Darah dengan Alami dan Medis

Myles Bannister

Trombosit penting dalam pembekuan darah normal. Makanan kaya nutrisi dan vitamin dapat membantu meningkatkan trombosit. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan trombosit turun antara lain kekurangan zat besi, gangguan ginjal, infeksi sepsis, dan demam berdarah (DBD).

Cara Menaikkan Trombosit

Jumlah trombosit yang rendah buruk bagi tubuh. Berikut beberapa tips untuk menaikkan trombosit:

1. Makanan Kaya Vitamin A

Makanan kaya vitamin A penting untuk memproduksi trombosit yang sehat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A adalah wortel, labu, kangkung, dan ubi jalar.

2. Makanan Kaya Vitamin K

Makanan kaya vitamin K membantu pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan trombosit darah. Beberapa makanan yang mengandung vitamin K adalah kangkung, telur, sayuran hijau, hati, daging, kol, dan peterseli.

3. Makanan Kaya Vitamin B12

Vitamin B12 menjaga sel darah tetap sehat dan meningkatkan trombosit darah. Makanan yang mengandung vitamin B12 adalah hati sapi, kerang, telur, susu, dan keju.

4. Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat membantu produksi sel sehat dan meningkatkan trombosit darah. Beberapa makanan yang mengandung asam folat adalah jus jeruk, bayam, asparagus, dan sayuran hijau.

5. Makanan Kaya Vitamin C

Makanan mengandung vitamin C membantu trombosit berfungsi dengan baik dan meningkatkan penyerapan zat besi. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C adalah brokoli, tomat, paprika, dan kembang kol.

6. Makanan Kaya Vitamin D

Vitamin D penting dalam produksi trombosit dan sel darah. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah kuning telur, ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan ikan mackerel, minyak hati ikan, susu dan yoghurt yang diperkaya, sereal yang diperkaya, dan jus jeruk yang diperkaya.

7. Buah dan Daun Pepaya

Konsumsi daun pepaya atau jusnya dapat meningkatkan trombosit. Buah pepaya juga bermanfaat dan membantu melancarkan pencernaan.

8. Makanan Kaya Zat Besi

Zat besi penting dalam meningkatkan sel darah merah dan trombosit normal. Beberapa makanan yang mengandung zat besi adalah tiram, hati sapi, sereal sarapan yang diperkaya, kacang putih dan kacang merah, cokelat hitam, tahu, dan kacang-kacangan.

9. Suplemen Melatonin

Mengonsumsi suplemen melatonin dapat meningkatkan kadar trombosit. Suplemen ini tersedia dalam bentuk cair, tablet, atau topikal.

10. Suplemen Klorofil

Suplemen klorofil dapat mengurangi gejala trombosit yang rendah, seperti kelelahan. Suplemen ini berbasis ganggang, seperti chlorella.

11. Obat-Obatan

Dalam beberapa kasus, obat-obatan dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah trombosit. Kortikosteroid merupakan obat pertama yang biasanya diresepkan.

12. Transfusi Darah

Transfusi darah dapat dilakukan jika kadar trombosit terlalu rendah. Pendonor darah yang tepat diperlukan.

13. Operasi

Jika pilihan perawatan lain tidak efektif, operasi untuk mengangkat limpa (splenektomi) dapat menjadi pilihan.

Dampak Trombosit Rendah

Trombosit dalam jumlah rendah bisa menimbulkan perdarahan berat. Dampak trombosit rendah lainnya termasuk anemia, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan komplikasi yang parah seperti pendarahan di otak. Gejala trombosit rendah seringkali tidak terlihat.

Berapa Nilai Normal Trombosit?

Trombosit normal dalam darah adalah sekitar 150.000 – 400.000 trombosit per mikroliter darah. Jumlah trombosit pada setiap individu bisa berbeda-beda.

  1. How to Naturally Increase Your Platelet Count
  2. Thrombocytopenia (low platelet count)
  3. Splenectomy
  4. How can I increase my platelet count naturally?
  5. 15 Whole Foods That Increase Platelet Count Naturally
  6. 7 Foods To Increase Blood Platelets

About The Author

Amputasi: Penyebab, Prosedur, Pemulihan, dll

Neuralgin: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping