Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

13 Cara Membersihkan Paru-Paru yang Kotor

Myles Bannister

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan paru-paru, sehingga organ pernapasan ini tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Apa saja cara-cara tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Cara Membersihkan Paru-Paru yang Kotor

Paru-paru adalah organ tubuh yang fungsinya sangat vital. Tanpa paru-paru, kita tidak bisa bernapas. Sayangnya, paru-paru kerap mengalami masalah kesehatan akibat paparan polusi udara seperti debu dan asap. Paru-paru menjadi kotor akibat polusi ini, yang lama-kelamaan mengganggu kinerja organ tersebut.

Paru-paru memiliki mekanisme alami untuk membersihkan dirinya sendiri (self-cleaning). Namun, Anda dapat membantu proses ini dengan menerapkan cara-cara membersihkan paru-paru berikut:

1. Terapi Uap

Terapi uap berguna untuk mengencerkan lendir di paru-paru dan memudahkannya keluar dari tubuh. Terapi ini cocok untuk mereka yang mengalami gangguan paru-paru akibat polusi atau lingkungan yang tidak mendukung.

Terapi uap bersifat sementara dan hanya meredakan inflamasi dan ketidaknyamanan pada dada setelah penguapan. Apabila kondisi tubuh tidak membaik, segera cari pengobatan yang sesuai.

2. Mengontrol Batuk

Jika Anda merasa ada gangguan pada pernapasan dan tidak tahu apa penyebabnya, mengontrol batuk dapat membantu membersihkan paru-paru. Anda bisa memaksa lendir atau kotoran pada paru-paru agar keluar dengan cepat.

Duduk santai, letakkan tangan di bawah dada, atur napas perlahan, dan saat akan mengembuskan napas, batuk sebanyak 2-3 kali. Lakukan beberapa kali hingga Anda merasa nyaman, dan berhenti jika merasa tidak nyaman.

3. Mengeluarkan Lendir dari Paru

Mengeluarkan cairan lendir dalam posisi berbaring dapat membantu membersihkan paru-paru. Berbaringlah di atas kasur atau lantai, letakkan bantal pada bawah pinggul untuk membuat posisi dada lebih rendah dari pinggul, tarik napas selama 1 detik dan buang melalui mulut selama 2 detik. Ulangi selama beberapa menit.

4. Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan tertentu dapat membersihkan dan meningkatkan fungsi paru-paru, terutama bagi Anda yang merokok atau memiliki penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK). Latihan pernapasan ini dapat dilakukan tanpa alat bantu seperti spirometer.

Latih pernapasan dengan menarik napas melalui hidung selama 1 detik dan buang melalui mulut dalam hitungan 2 detik. Jika ragu, konsultasikan dengan dokter.

5. Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin membantu membersihkan paru-paru dan memberikan suplai oksigen yang baik. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda, seperti jogging atau jalan santai. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki masalah pernapasan.

6. Menepuk Dada

Menepuk dada pada ritme tertentu dapat membantu mengeluarkan kotoran dari paru-paru. Namun, teknik ini sebaiknya dilakukan oleh dokter atau terapis profesional.

7. Berhenti Merokok

Rokok dapat menyebabkan masalah kesehatan pada paru-paru. Berhenti merokok adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah penyakit paru.

8. Kontrol Kualitas Udara di Sekitar

Kualitas udara dalam ruangan dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Bersihkan rumah secara rutin dan pasang alat penjernih udara atau penghidup udara dalam ruangan. Juga, ciptakan lingkungan yang sehat dengan menanam tanaman.

Cara Membersihkan Paru-Paru dengan Bahan Alami

Selain cara-cara di atas, kita juga bisa membersihkan paru-paru dengan bahan alami seperti teh hijau, daun mint, jahe, madu, dan makanan antiinflamasi.

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang membantu membersihkan paru-paru dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Minumlah teh hijau setiap hari.

2. Daun Mint

Daun mint dapat membersihkan paru-paru dan menyembuhkan penyakit pernapasan. Minumlah teh daun mint.

3. Jahe

Jahe mengandung zat antiinflamasi yang membantu membersihkan paru-paru dan meningkatkan sistem imun tubuh. Minumlah teh jahe.

4. Madu

Madu membantu mengatasi masalah kesehatan pada paru-paru dan meredakan gejala batuk. Minumlah madu setiap hari.

5. Makanan Antiinflamasi

Konsumsi makanan yang bersifat antiinflamasi seperti sayuran hijau, ceri, blueberry, kunyit, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Referensi

  1. Anonim. 6 Tips to Cleanse Your Lungs.https://lunginstitute.com/lung-disease-news-cleanse-lungs/ (accessed on 10 November 2020)
  2. Brusie, C. 2020. 8 Ways to Cleanse Your Lungs. https://www.healthline.com/health/ways-to-cleanse-your-lungs (accessed on 10 November 2020)
  3. Eske, J. 2019. Natural Ways to Cleanse Your Lungs. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324483#ways-to-clear-the-lungs (accessed on 10 November 2020)

About The Author

12 Bahaya Asam Lambung Naik Bila Tidak Diobati

Mudah Dibuat, 3 Jus Buah Ampuh Sembuhkan Batuk