Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sering Makan Telur Bisa Picu Bisulan?

Myles Bannister

Kandungan di dalam telur

Telur adalah bahan makanan yang kaya nutrisi. 100 gram telur ayam mengandung 165 kalori, 12 gram protein, 2,7 mg zat besi, 11 gram lemak, vitamin B, dan nutrisi lainnya. Telur juga bagus untuk perkembangan anak-anak dan sangat dianjurkan dikonsumsi.

Kaitan antara telur dan bisulan

Telur dikategorikan sebagai makanan yang sering menyebabkan alergi. Makanan lain yang bisa menyebabkan alergi yang sama adalah susu sapi, susu kambing, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan, gandum, dan kedelai. Gejala alergi bisa berupa pembengkakan atau gatal pada kulit atau bibir, mual, gangguan pernapasan, hingga diare.

Jika seseorang yang alergi terhadap telur mengalami masalah kulit, bisa terkena infeksi bakteri yang menyebabkan bisul.

Bagi yang tidak alergi, mengonsumsi telur dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan kelebihan protein dan lemak. Tetapi, hal ini tidak selalu menyebabkan bisulan.

Penelitian membuktikan mitos ini tidak benar

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa gejala alergi telur pada kulit hanya menyebabkan ruam, bukan bisul. Bisul terjadi jika kulit mengalami peradangan pada folikel rambut dan diikuti oleh infeksi bakteri.

Orang-orang yang berisiko terkena bisul adalah mereka yang mengalami masalah kulit seperti eksim atau jerawat, terpapar dengan bakteri staphylococcus aureus, memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh, atau diabetes.

Makanan yang bisa menyebabkan bisulan

Disarankan untuk mengurangi konsumsi telur secara berlebihan. Lebih baik waspada terhadap makanan yang bisa menyebabkan jerawat batu yang mirip bisul.

Berikut adalah makanan yang perlu diwaspadai:

Makanan berlemak

Makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji berpotensi menyebabkan masalah kulit seperti jerawat batu yang mirip bisul. Lemak dapat mengganggu hormon yang berdampak buruk pada kulit.

Makanan tinggi gula

Makanan atau minuman tinggi gula dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti peningkatan berat badan, risiko diabetes, dan jerawat batu. Gula meningkatkan kadar gula darah dan produksi minyak berlebih pada kulit.

About The Author

12 Makanan Bebas Gluten (Penderita Celiac Wajib Tahu)

Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan