Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Makan Sendirian Tidak Sehat

Myles Bannister

Dampak Kesehatan Makan Sendirian

Kebiasaan makan sendirian berdampak buruk pada kesehatan mental dan meningkatkan risiko depresi, hipertensi, dan diabetes tipe 2.

Makan sendirian bisa menunjukkan kesepian dan masalah sosial yang serius, menyebabkan depresi, gangguan metabolisme, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke yang berujung pada kematian dini.

Terdapat komunitas yang makan bersama orang-orang yang tidak dikenal atau yang terlantar untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta lingkungan sosial.

Jika menikmati makan sendirian, tetapi ada kesempatan makan bersama keluarga atau teman, sebaiknya ambil kesempatan tersebut demi mendapatkan manfaat kesehatan secara maksimal.

Tips Menerapkan Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa tipsnya:

Mengunyah Makanan dengan Lebih Baik

Mengunyah makanan perlahan dan dalam jumlah lebih banyak membantu mengolah makanan menjadi halus sehingga memudahkan pencernaan dan mengatur porsi makanan. Hal ini juga memperbaiki metabolisme, mencegah sindrom metabolik, serta mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan stroke.

Kurangi Camilan Tidak Sehat

Ngemil camilan tidak sehat seperti keripik, permen, dan biskuit berkontribusi pada risiko obesitas, diabetes, peningkatan tekanan darah, kolesterol, dan berat badan terkait penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Tidak Membiasakan Diri Makan di Luar

Makan di luar rumah atau memesan makanan dapat menyebabkan sulitnya mengatur porsi dan pilihan makanan sehat, meningkatkan risiko obesitas.

Kurangi Asupan Garam

Makanan dengan tambahan garam tinggi dapat meningkatkan tekanan darah yang berbahaya.

Kurangi Gula

Mengurangi makanan manis seperti kue dan minuman manis seperti teh manis, kopi instan, dan minuman bersoda dapat mencegah kenaikan berat badan dan risiko diabetes.

Sumber:

  1. Davis, Anna. 2019. Solo dining is bad for our mental health—and for the planet. https://qz.com/1738347/eating-alone-is-bad-for-our-mental-health-and-the-planet/. (Diakses pada 13 November 2019).

About The Author

Ciri Hati Sudah Mulai Kotor

Lichen Planus: Penyebab, Ciri, Diagnosis, Pengobatan