Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

9 Cara Memilih Sayuran yang Segar dan Sehat

Myles Bannister

Untuk hidup sehat, Anda harus pandai memilih sayuran yang baik. Sayuran berkualitas bagus untuk kesehatan tubuh Anda! Jika ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh.

Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar

Memilih sayuran sehat dan segar sangat penting. Berikut adalah tips memilih sayuran yang baik:

1. Perhatikan warna sayuran

Ketika memilih sayuran, perhatikan warna sayuran tersebut. Sayuran yang masih memiliki warna cerah adalah sayuran yang baik. Sayuran yang berubah warna menandakan bahwa sayuran tidak segar lagi dan kandungan nutrisi serta vitaminnya berkurang.

2. Sayuran berdaun tidak layu

Sayuran berdaun seperti bayam, kangkung, selada, sawi, yang masih bagus biasanya memiliki tekstur keras dan warnanya hijau cerah. Sayuran segar biasanya baru dipanen dan tidak melalui perjalanan yang lama.

3. Sayuran bebas pestisida

Sayuran yang bagus tidak selalu utuh. Sayuran yang memiliki daun bolong menunjukkan bahwa sayuran bebas dari pestisida. Sayuran dengan bercak putih pada permukaan daunnya disemproti pestisida.

4. Sayuran belum dibersihkan

Cari sayuran yang masih berakar dan belum dicuci. Sayuran yang belum dibersihkan cenderung lebih segar dan tidak mudah layu dan busuk.

5. Sayuran tidak keriput

Hindari sayuran umbi-umbian yang keriput, lembek, memar, berlubang, bertunas, dan tidak keras. Pilih sayuran umbi-umbian yang masih bertekstur keras dan aromanya masih segar.

6. Tidak lembek dan berbau

Perhatikan kondisi sayuran buah seperti tomat, terong, ketimun, paprika, dan sayuran buah lainnya. Hindari sayuran yang pecah, robek, lembek, berair, berjamur, dan berbau.

7. Belanja sayur di pasar petani

Belanja sayuran di pasar petani lebih terjamin kesegarannya karena baru saja di panen dari ladang. Sayuran langsung dari petani memiliki waktu pembusukan yang lebih lama.

8. Belanja sayuran pagi hari

Bangun pagi untuk membeli sayuran segar. Belilah sayuran di pagi hari agar mudah memilih sayuran yang masih lengkap dan segar.

9. Pilih sayuran organik

Sayuran organik bebas dari pestisida yang dapat membahayakan kesehatan. Ciri sayuran organik adalah memiliki bekas gigitan ulat, warna lebih cerah, tanpa bercak putih atau pestisida, dan memiliki stiker atau segel organik.

Tips Menyimpan Sayuran yang Benar

Untuk menyimpan sayuran dengan baik, ikuti tips berikut:

  1. Bersihkan dan cuci sayuran sebelum disimpan dalam kulkas.
  2. Gunakan wadah yang tepat untuk sayuran, seperti kertas dan plastik.
  3. Jangan menyimpan sayuran dan buah bersamaan agar buah tidak merubah warna sayuran hijau.
  4. Simpan sayuran segar terpisah dari daging mentah, unggas, dan ikan.
  5. Simpan potongan buah dan sayuran dalam kantong plastik tertutup atau rutin bersihkan wadah di kulkas.
  6. Simpan sayuran umbi-umbian dan buah-buahan segar pada suhu kamar.

Setelah mengetahui cara memilih sayuran yang baik, Anda dapat membedakan mana sayuran yang segar dan tidak. Semoga bermanfaat!

About The Author

Mengenal 7 Jenis Hormon Kehamilan dan Fungsinya

Calamine – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping