Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Cacingan pada Anak

Myles Bannister

Cacingan pada anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penyakit ini perlu diwaspadai oleh orang tua. Lantas, apa saja penyebabnya? Yuk, simak ulasan berikut!

Penyebab Cacingan Pada Anak

Cacingan dapat membahayakan kesehatan anak. Cacing yang ada di usus dapat mengganggu tumbuh kembang anak karena menyerap nutrisi dari makanan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab cacingan pada anak.

Berikut adalah beberapa penyebab cacingan pada anak:

1. Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan

Anak-anak sering menyentuh benda-benda kotor saat bermain. Tangan mereka mungkin terlihat bersih, tetapi telur cacing atau kuman bisa saja menempel di kuku dan masuk ke tubuh saat anak makan. Oleh karena itu, pastikan anak mencuci tangan menggunakan air dan sabun sebelum makan. Jika tidak memungkinkan, gunakan hand sanitizer.

2. Bermain di Tanah

Anak-anak yang bermain di tanah yang terkontaminasi cacing lebih berisiko terkena cacingan. Infeksi cacing paling sering terjadi di daerah tropis dan subtropis. Penularan bisa terjadi saat anak berjalan di tanah tanpa alas kaki dan telur cacing menembus kulit.

3. Mengonsumsi Makanan Mentah

Apabila anak makan daging yang belum matang atau makanan setengah matang, risiko terkena cacingan meningkat. Pastikan makanan yang disajikan sudah matang dengan baik.

4. Bermain di Air yang Kotor

Larva cacing sering ditemukan dalam air yang kotor seperti kubangan, sungai, kolam, atau danau. Air ini dapat terkontaminasi oleh kotoran manusia yang mengandung larva cacing. Jika anak bermain di air yang kotor, pastikan tubuhnya dibersihkan dengan baik agar tidak ada cacing yang masuk ke dalam tubuh.

5. Jajan Sembarangan

Anak yang jajan tanpa pengawasan orang tua lebih mudah terpapar telur cacing. Telur cacing yang tertelan akan menetas dan menjadi larva di usus anak. Membeli makanan di lingkungan yang tidak higienis juga meningkatkan risiko terkena cacingan.

6. Mengonsumsi Air yang Terkontaminasi

Minum air yang terkontaminasi dan sanitasi yang buruk meningkatkan risiko terkena cacingan. Pastikan anak minum air yang terjamin kebersihannya untuk menghindari cacingan.

Nah, itulah beberapa penyebab cacingan pada anak yang penting diketahui oleh orang tua.

Referensi

  1. Anonim. Kids Health Information – Worm. https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Worms/. (Diakses pada 7 September 2022)
  2. Anonim. 2020. Parasites – Children. https://www.cdc.gov/parasites/children.html. (Diakses pada 7 September 2022)
  3. Anonim. Stomach Worms in Children: Symptoms, Causes & Treatment. https://www.vims.ac.in/blog/stomach-worms-in-children/. (Diakses pada 7 September 2022)
  4. Arora, Mahak. 2019. Worm Infection in Babies – Causes, Symptoms & Treatment. https://parenting.firstcry.com/articles/worm-infection-in-babies-causes-symptoms-treatment/. (Diakses pada 7 September 2022)

About The Author

Trifluoperazine: Fungsi, Efek Samping, Dosis, dll

13 Manfaat Dark Chocolate (No. 11 Jarang Diketahui)