Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Kolesterol dan Trigliserida

Myles Bannister

Trigliserida dan kolesterol adalah dua istilah yang biasanya disebutkan saat Anda melakukan tes darah. Keduanya seringkali dianggap sama. Lantas, apa perbedaan kolesterol dan trigliserida? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenali Perbedaan Trigliserida dan Kolesterol

Sebelum menjelaskan perbedaan kolesterol dan trigliserida, penting untuk dipahami bahwa keduanya dapat menjadi indikator kesehatan. Memantau dan menjaga kadar kolesterol dan trigliserida dalam kisaran normal dapat mencegah berbagai masalah kesehatan di kemudian hari.

Berikut perbedaan utama kedua zat tersebut:

Trigliserida

Menurut American Heart Association (AHA) trigliserida adalah jenis lemak yang paling umum dalam tubuh dan berfungsi untuk menyimpan kelebihan energi dari makanan yang dikonsumsi. Trigliserida umumnya ditemukan pada minyak dan mentega.

Saat tubuh memiliki lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan pada waktu tertentu, tubuh mengubahnya menjadi trigliserida yang disimpan dalam sel-sel lemak.

Kolesterol

Kolesterol adalah zat lemak yang dapat dihasilkan oleh hati dan mempunyai berbagai fungsi dalam tubuh, seperti produksi hormon, pencernaan makanan, dan pembentukan vitamin D.

Selain dihasilkan oleh hati, kolesterol juga dapat berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Kolesterol terbagi menjadi dua jenis: low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL).

Sumber kolesterol meliputi daging, telur, mentega, dan keju. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Anda perlu tahu bahwa HDL menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati, sementara LDL dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri.

Pentingnya Mengetahui Tingkat Kolesterol dan Trigliserida

Tes darah diperlukan untuk melihat apakah kadar kolesterol dan trigliserida Anda dalam batas normal. Oleh karena itu, mengetahui kadar normal kolesterol dan trigliserida adalah hal yang penting.

Kadar Normal Trigliserida

Kadar trigliserida dalam tubuh dibagi menjadi empat rentang, yaitu:

  • Normal: kurang dari 150 mg/dL.
  • Borderline: 151–199 mg/dL.
  • Tinggi: lebih dari 200 mg/dL.
  • Sangat tinggi: lebih dari 500 mg/dL.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kadar trigliserida adalah tes dilakukan setelah makan, karena tubuh menciptakan lebih banyak trigliserida dari kalori yang tidak digunakan dalam makanan.

Menurut AHA, faktor lain yang memengaruhi tingkat trigliserida meliputi:

  • Diet.
  • Aktivitas fisik dan intensitas olahraga.
  • Diabetes.
  • Penyakit radang.
  • Konsumsi alkohol.
  • Haid.
  • Obat-obatan.
  • Kelebihan berat badan.
  • Usia.
  • Jenis kelamin.
  • Kehamilan.

Kadar Normal Kolesterol

Seperti halnya kadar trigliserida, pemeriksaan kolesterol juga menampilkan kadar dalam miligram per desiliter (mg/dL) darah. Untuk orang dewasa, kisaran kolesterol meliputi:

  • Normal: 199 mg/dL atau lebih rendah.
  • Borderline: 200–239 mg/dL.
  • Tinggi: lebih dari 240 mg/dL.

Namun, pedoman mungkin berbeda tergantung pada lokasi tempat tinggal. Misalnya, tingkat normal yang direkomendasikan di Afrika Selatan adalah di bawah 189,5 mg/dL. Pemeriksaan kadar kolesterol biasanya dilakukan setiap 4–6 tahun. Namun, beberapa orang mungkin memerlukan pengujian lebih sering.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Dilakukan Perawatan?

Memutuskan apakah Anda perlu menjalani perawatan karena kadar kolesterol atau trigliserida tinggi, apakah pengobatan harus mencakup terapi obat, dan obat mana yang harus digunakan tidaklah mudah.

Namun, jika risiko kardiovaskular Anda meningkat, perawatan ditujukan untuk mengurangi kemungkinan mengalami serangan jantung atau kematian dini.

Peningkatan kadar kolesterol LDL dan trigliserida sangat terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular, meskipun masih ada beberapa kontroversi mengenai hal ini.

Langkah paling penting yang dapat Anda lakukan adalah fokus untuk melakukan berbagai upaya yang terbukti menurunkan risiko penyakit jantung.

Referensi

  1. Fogoros, Richard N. 2020. Why Your Cholesterol and Triglycerides Levels Are Important. https://www.verywellhealth.com/cholesterol-and-triglycerides-1745827. (Diakses pada 17 Februari 2022).
  2. Johnson, Jon. 2021. Triglyceride and cholesterol levels: What to know. https://www.medicalnewstoday.com/articles/triglycerides-vs-cholesterol. (Diakses pada 17 Februari 2022).
  3. Patino, Erica. 2021. Triglycerides vs. Cholesterol: How Are They Different and How Are They the Same?. https://www.everydayhealth.com/high-cholesterol/triglycerides-vs-cholesterol-how-are-they-different-and-how-are-they-the-same/. (Diakses pada 17 Februari 2022).

About The Author

Parosmia: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan