Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

8 Tanaman Herbal yang Bisa Mencegah Kanker

Myles Bannister

Pada masa ini, beberapa orang mencoba pengobatan alternatif untuk mencegah sel kanker dengan tanaman herbal. Apakah ini efektif? Simak penjelasannya di bawah ini.

Daftar Tanaman Herbal yang Bisa Mencegah Kanker

Tanaman herbal diyakini bisa mencegah kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Berikut adalah beberapa tanaman obat yang potensial untuk mencegah kanker:

1. Kayu Manis

Kayu manis bermanfaat untuk kesehatan, termasuk melancarkan peredaran darah.

Kayu manis juga dapat menekan perkembangan sel kanker jika dikonsumsi secara tepat dan rutin. Ini karena senyawa kimia di dalamnya menghancurkan Helicobacter pylori (H. pylori), penyebab kanker usus.

2. Jahe

Jahe dapat memberikan kebugaran dan menstabilkan suhu tubuh.

Jahe juga dapat mencegah kanker karena mengandung ginerol dan zingerone, yang menekan perkembangan sel kanker.

3. Daun Mint

Daun mint sering digunakan sebagai perasa makanan dan minuman.

Selain itu, daun mint juga dapat digunakan sebagai tanaman herbal pencegah kanker karena kandungan fitonutrien di dalamnya. Infused water adalah cara praktis untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Daun Sirsak

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, jamur endofit yang diisolasi dari daun sirsak berpotensi sebagai sumber agen anti kanker.

5. Daun Rosemary

Tanaman herbal ini mengandung sejumlah senyawa biologis, termasuk antioksidan seperti asam carnosic dan asam rosmarinic. Senyawa bioaktif lainnya seperti kapur barus, asam ursolat, asam betulinic, rosmaridiphenol, dan rosmanol juga dapat menghambat kanker induksi kimia.

6. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya memiliki sifat antioksidan, tetapi juga bersifat antiinflamasi, antibiotik, dan antivirus.

Senyawa allicin yang dihasilkan dari bawang putih memiliki sifat sebagai antibakteri yang dapat membantu mencegah kanker.

7. Lada Hitam

Lada hitam mengandung piperin, bahan kimia aktif sebagai antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Lada hitam juga diklaim dapat mencegah datangnya tumor.

8. Buah Mengkudu

Mengkudu mengandung tinggi antioksidan dan dipercaya dapat mencegah kanker.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi 6-8 gram mengkudu setiap hari dapat mengatasi lemas dan meredakan rasa nyeri pada penderita kanker stadium lanjut, serta mengurangi rasa mual setelah kemoterapi.

Itulah beberapa tanaman herbal yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Meski semua jenis tanaman di atas membutuhkan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaatnya.

Referensi

  1. Anonim. 2022. Cancer and Food: Five Herbs That Could Reduce Risk. https://cancer.osu.edu/blog/five-herbs-that-could-reduce-risk. (Diakses pada 6 Maret 2023)
  2. Stewart, Kristen. 2013. 6 Herbs and Spices for Cancer Prevention. https://www.everydayhealth.com/cancer-photos/herbs-and-spices-for-cancer-prevention.aspx. (Diakses pada 6 Maret 2023)

About The Author

Benarkah Seks Bisa Menurunkan Berat Badan?

Apakah Benar Metformin Menurunkan Berat Badan?