Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Potasium, Cegah Penyakit Stroke hingga Batu Ginjal

Myles Bannister

Manfaat potasium bagi tubuh adalah penting karena mineral ini mendukung agar semua sel tubuh berfungsi normal. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kalium? Simak penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Potasium?

Kalium atau potasium adalah salah satu mineral yang paling banyak ditemukan pada tubuh. Sekitar 98% potasium dalam tubuh ditemukan di sel. Dari jumlah ini, 80% ditemukan di sel otot, sedangkan lainnya dapat ditemukan di tulang, hati, dan sel darah merah.

Saat berada di air, mineral yang masuk dalam kategori elektrolit ini menjadi ion positif atau negatif yang memiliki kemampuan menghantarkan listrik. Sementara ion yang dihasilkan dari potasium membawa muatan positif.

Tubuh menggunakan listrik ini untuk mengelola berbagai proses, termasuk keseimbangan cairan, sinyal saraf, dan kontraksi otot. Jumlah elektrolit yang rendah atau tinggi dalam tubuh dapat memengaruhi banyak fungsi penting tubuh.

Manfaat Potasium bagi Kesehatan Tubuh

Potasium adalah mineral esensial yang memiliki beberapa peran penting bagi tubuh. Berikut berbagai manfaatnya:

1. Mencegah Stroke

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan yang kaya potasium dapat membantu mencegah stroke. Para peneliti menemukan bahwa seseorang yang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium memiliki risiko stroke 24% lebih rendah.

2. Mendukung Fungsi Sistem Saraf

Sistem saraf menyampaikan pesan antara otak dan tubuh. Pesan-pesan ini disampaikan dalam bentuk impuls saraf yang membantu mengatur kontraksi otot, detak jantung, refleks, dan fungsi tubuh lainnya.

Impuls saraf dihasilkan oleh ion sodium dan potassium. Penurunan kadar potassium dalam darah dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menghasilkan impuls saraf. Oleh karena itu, asupan kalium yang cukup penting untuk kesehatan sistem saraf.

3. Membantu Mengatur Kontraksi Otot dan Jantung

Mineral ini penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kadar potassium yang tidak seimbang dapat mengganggu detak jantung dan menyebabkan kontraksi otot yang tidak normal.

4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Kadar potassium yang cukup dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Membantu Mengatur Keseimbangan Cairan Tubuh

Tubuh terdiri sekitar 60% air yang dibagi menjadi cairan intraseluler (ICF) dan cairan ekstraseluler (ECF). Jumlah air dalam ICF dan ECF tergantung pada konsentrasi elektrolit seperti potassium dan sodium.

6. Mencegah Osteoporosis

Diet kaya potassium dapat membantu mencegah osteoporosis dengan mengurangi kalsium yang hilang melalui urine.

7. Mengatasi Gigi Sensitif

Pasta gigi yang mengandung potassium nitrat dapat mengurangi sensitivitas gigi.

8. Mencegah Kram Otot

Penting untuk mendapatkan asupan kalium yang cukup untuk mencegah terjadinya kram otot.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Kalium membantu mengirim lebih banyak oksigen ke otak dan meningkatkan fungsi otak.

10. Mengurangi Tingkat Stres

Kalium bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan stres dengan menjaga tekanan darah tetap stabil dan membantu otot-otot untuk rileks.

11. Meningkatkan Metabolisme

Potassium dapat mengembalikan tingkat metabolisme ke tingkat efektivitas alami dengan memecah dan memetabolisme makanan.

12. Mencegah Batu Ginjal

Potassium sitrat dapat membantu melawan batu ginjal dengan menurunkan kadar kalsium dalam urine.

Nah, itulah beberapa manfaat potasium yang bisa Anda dapatkan.

Referensi

  1. Anonim. Potassium. https://www.rxlist.com/potassium/supplements.htm. (Diakses pada 13 November 2020).
  2. Anonim. 10 Benefits of Potassium for Your Brain & Heart. http://ashforth.com/pdfs/wellness_2015-6_health.pdf. (Diakses pada 13 November 2020).
  3. Cervoni, Barbie. 2020. The Health Benefits of Potassium. https://www.verywellhealth.com/health-benefits-of-potassium-4588613. (Diakses pada 13 November 2020).
  4. Raman, Ryan. 2017. What Does Potassium Do for Your Body? A Detailed Review. https://www.healthline.com/nutrition/what-does-potassium-do#TOC_TITLE_HDR_2. (Diakses pada 13 November 2020).

About The Author

Sindrom Kelelahan Kronis: Ciri-Ciri, Penyebab, Pengobatan

17 Cara Mengecilkan Payudara (Cepat, Alami, dan Aman)