Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengatasi Nafsu Makan Berlebihan Saat Menstruasi

Myles Bannister

Nafsu Makan yang Meningkat

Wanita sering mengalami rasa lapar berlebihan dan nafsu makannya meningkat saat menstruasi. Mereka cenderung makan makanan manis untuk membuat tubuh lebih nyaman. Namun, jika makan secara sembarangan, kemungkinan akan terjadi kenaikan berat badan.

Hormon memainkan peran penting dalam peningkatan nafsu makan. Jika hormon menguasai tubuh, berat badan akan terus meningkat meskipun dengan lambat.

Pemicu Kenaikan Nafsu Makan pada Wanita

Penyebab wanita menjadi lapar berlebihan saat menstruasi masih belum diketahui dengan pasti. Namun, beberapa teori menyebutkan bahwa saat menstruasi, wanita menggunakan sekitar 15 persen energi lebih banyak, menyebabkan rasa lapar berlebihan.

Nafsu makan meningkat karena tubuh membutuhkan energi dan nutrisi lebih banyak untuk menggantikan kehilangan darah dan menjaga kekuatan tubuh.

Fluktuasi hormon saat menstruasi juga berkontribusi pada peningkatan nafsu makan wanita. Wanita akan merasa lapar bahkan setelah makan dalam porsi besar beberapa jam sebelumnya.

Tingkat responsifitas insulin pada wanita juga meningkat pada fase pra menstruasi, menyebabkan perubahan kadar gula darah dan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

Kebiasaan mengonsumsi makanan manis untuk meredakan gelisah dan perubahan mood juga menjadi faktor pendukung.

Mengatasi Nafsu Makan yang Berlebihan

Untuk mencegah gangguan tubuh akibat makan berlebihan saat menstruasi, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Berusaha Relaks dan Tubuh Harus Nyaman

Sebelum makan makanan manis, pastikan tubuh sudah dalam keadaan nyaman. Lakukan relaksasi dan minum cukup air untuk mengatasi rasa lapar karena faktor emosional. Jika memang merasa lapar, ingat untuk memperhatikan porsi agar tidak mengalami obesitas.

Berusaha Mengendalikan Diri dengan Baik

Kendalikan diri agar tidak makan sembarang makanan terutama yang manis. Penuhi kebutuhan nutrisi harian dengan makanan sehat dan seimbang.

Melakukan Olahraga Ringan secara Rutin

Lakukan olahraga ringan seperti jogging atau yoga secara rutin saat menstruasi. Olahraga akan membantu merelaksasi tubuh dan mengurangi rasa sakit. Jangan lupa untuk tetap melakukannya setelah menstruasi selesai.

Istirahat Harus Cukup Setiap Hari

Jaga agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup setelah aktivitas sehingga rasa lapar tidak meningkat.

Tidur selama 7-9 jam dalam sehari dan hindari kurang tidur agar tubuh tetap bugar. Jika lapar sulit dikontrol, jangan makan sembarang makanan.

Selalu Mencatat Apa Saja yang Dimakan

Dengan mencatat makanan yang dikonsumsi, akan lebih mudah mengontrol asupan kalori. Gunakan aplikasi atau catatan manual untuk mencatat makanan dan perkirakan berat atau jumlah seakurat mungkin.

Menggunakan aplikasi membantu Anda mengontrol asupan kalori. Ketika mendekati batas kalori harian, segera hentikan makan atau pilih makanan yang rendah kalori.

Itulah beberapa cara mengontrol nafsu makan berlebihan saat menstruasi. Dengan mengendalikan nafsu makan dan membatasi asupan makanan, risiko kegemukan dapat dikurangi.

Sumber:

  1. Leonard, Jayne. 2018. Is compulsive eating before a period normal?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323317.php. (Diakses 19 September 2019).
  2. McDermott, Annette. 2018. Understanding Compulsive Eating Before Your Period. https://www.healthline.com/health/compulsive-eating-before-your-period. (Diakses 19 September 2019).
  3. L, Dye. 1997. Menstrual cycle and appetite control: implications for weight regulation. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9221991. (Diakses 19 September 2019).

About The Author

Mengenal Kecerdasan Sosial, Ciri-Ciri, dan Cara Mengembangkannya

Selain Lezat! 15 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan