Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengapa Mata Menjadi Merah Setelah Menangis?

Myles Bannister

Menangis adalah hal yang wajar dilakukan. Tidak hanya karena sedih atau kecewa, tetapi juga karena haru atau bahagia. Setelah menangis, mata akan cenderung menjadi merah. Apa penyebab dari perubahan warna mata ini?

Penyebab Mata Merah Setelah Menangis

Air mata adalah faktor utama dalam perubahan warna mata setelah menangis. Air mata mempengaruhi suplai darah ke kelenjar mata, membuat pembuluh darah melebar. Hal ini menyebabkan aliran darah yang lebih banyak menuju mata, yang akhirnya membuat mata menjadi merah.

Pembuluh darah yang menuju mata sebenarnya sangat kecil dan hampir tidak terlihat. Namun, saat menangis, kelenjar air mata akan memompa sekresi untuk menjaga kelembapan mata. Hal ini menyebabkan pembuluh darah melebar agar cairan terpenuhi. Inilah yang membuat mata menjadi merah.

Meskipun mata terlihat merah setelah menangis, hal ini adalah normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Mata akan kembali normal tanpa perlu menggunakan tetes mata setelah beberapa waktu.

Manfaat Kesehatan dari Menangis

Menangis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Berikut adalah manfaat-menfaat tersebut.

Merelaksasi dan Menghilangkan Ketegangan

Menangis dapat melepaskan ketegangan yang dirasakan sebelumnya. Ini berpengaruh pada kepribadian wanita dan pria. Wanita yang sering menangis lebih mudah melepaskan ketegangan dan jarang cemberut dibandingkan dengan pria.

Setelah menangis, kita akan merasakan lega karena beban pikiran yang sebelumnya membebani. Ini memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental.

Membersihkan Mata dari Kotoran

Air mata berfungsi untuk membersihkan kotoran atau benda asing dari mata. Menangis akan memproduksi air mata yang membantu menghilangkan kotoran, membuat mata terasa lebih nyaman dan segar.

Melawan Bakteri

Air mata dapat melawan bakteri karena mengandung enzim lisozim. Enzim ini dapat membunuh bakteri dalam waktu lima menit.

Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Menangis merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan racun. Dengan menangis, tubuh dapat terbebas dari racun dan merasa lebih sehat dan bugar.

Meningkatkan Penglihatan

Mata yang terjaga kelembapannya, bersih dari debu dan kotoran, dan terbebas iritasi akan memperbaiki penglihatan dan membuat mata terasa lebih nyaman.

Sumber:

  1. O’Connell, Claire. 2011. Why do your eyes go red when you cry?. www.irishtimes.com/news/health/why-do-your-eyes-go-red-when-you-cry1.572900 (Diakses pada 13 Januari 2020).

About The Author

7 Tips untuk Mencegah Terkena Hipnotis saat Mudik

12 Penyakit Akibat Kerja yang Harus Anda Waspadai