Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Myles Bannister

Manfaat teh hitam untuk kesehatan tidak bisa Anda sepelekan. Simak penjelasan lengkap mengenai kandungan dan khasiat teh hitam bagi tubuh berikut ini.

Kandungan Teh Hitam

Teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis dan membutuhkan proses oksidasi yang berbeda dengan jenis teh lainnya. Teh hitam mengandung kafein yang lebih sedikit dibandingkan kopi. Kandungan gizi dalam satu cangkir teh hitam meliputi:

  • Kalori: 2.4
  • Karbohidrat: 0.4 gram.
  • Serat: 0.1 gram.
  • Protein: 0.1 gram.

Kandungan lain yang berguna bagi tubuh di dalam teh hitam meliputi:

  • Alkaloid, termasuk kafein, teobromin, dan teofilin.
  • Fluoride.
  • Asam amino.
  • Aluminium.

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Teh hitam mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, mengurangi peradangan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat teh hitam untuk kesehatan meliputi:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Kelompok polifenol seperti katekin, theaflavins, dan thearubigins merupakan sumber utama antioksidan dalam teh hitam. Antioksidan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dan gula darah pada tubuh serta membantu penurunan lemak tubuh. Namun, hasil dari penelitian tersebut baru terbukti pada hewan sehingga penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

2. Menurunkan Kolesterol LDL

Teh hitam dapat mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Flavonoid dalam teh hitam mencegah penumpukan plak di arteri dan menjaga aliran darah yang sehat.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Teh hitam mengandung polifenol yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran pencernaan, seperti Salmonella typhi.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Teh hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik karena dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Perubahan gaya hidup yang sehat juga diperlukan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

5. Mengurangi Risiko Stroke

Teh hitam dapat mengurangi risiko stroke. Orang yang minum empat cangkir teh hitam atau lebih per hari memiliki risiko lebih rendah terkena stroke dibandingkan yang tidak minum teh.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Teh hitam dapat meningkatkan aktivitas insulin dalam tubuh sehingga dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik.

7. Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Teh hitam berperan dalam mengatur pertumbuhan sel kanker dan mengurangi perkembangan sel baru. Namun, konsumsi teh ini tidak bisa menggantikan pengobatan kanker dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

8. Meningkatkan Fokus

Teh hitam mengandung kafein dan asam amino L-theanine yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

9. Menjaga Kesehatan Mulut

Teh hitam dapat mengurangi risiko kanker mulut dan membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi, sehingga menjaga kesehatan mulut.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Teh hitam memberikan nutrisi pada kulit, melawan virus dan infeksi kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

11. Membantu Menurunkan Stres

Teh hitam dapat menurunkan stres karena mengandung asam amino L-theanine yang membantu tubuh lebih relaks.

12. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Teh hitam dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan trigliserida, kadar gula darah, dan rasio plasma LDL / HDL.

Efek Samping Teh Hitam

Meski memiliki manfaat yang menjanjikan, teh hitam juga dapat memiliki beberapa efek samping, seperti:

1. Efek Beracun

Teh mengandung timbal dan aluminium yang dapat menjadi racun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Maksimal lima menit perendaman dapat mengurangi kadar mineral.

2. Efek Kafein

Teh hitam mengandung kafein yang dapat menyebabkan kegelisahan, mudah marah, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya jika dikonsumsi berlebihan.

3. Anemia

Risiko anemia dapat terjadi akibat kandungan tanin dalam teh hitam yang menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Sebaiknya, batasi konsumsi teh dan jaga jarak waktu antara makan berat dengan minum teh.

Referensi

  1. Dhawan, Vibha. 2023. 11 Health Benefits of Black Tea that You Didn’t Know About. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/11-benefits-black-tea.html. (Diakses pada 10 April 2023).
  2. Enloe, Autumn. 2023. 10 Evidence-Based Health Benefits of Black Tea. https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-benefits. (Diakses pada 10 April 2023).
  3. Felman, Adam. 2019. What are the Health Benefits of Black Tea? https://www.medicalnewstoday.com/articles/292160. (Diakses pada 10 April 2023).
  4. Goodwin, Lindsey. 2022. What Is Black Tea? https://www.thespruceeats.com/introduction-to-black-tea-766429. (Diakses pada 10 April 2023).
  5. Vasu, Deepika. 2023. Black Tea – Benefits, Nutrition, & Side Effects. https://www.healthifyme.com/blog/black-tea/. (Diakses pada 10 April 2023).

About The Author

Luka Bakar: Gejala, Penyebab, Komplikasi, Pengobatan, dll

Medulloblastoma: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Penanganan