Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengapa Berkeringat Saat Sakit Bisa Bikin Nyaman Tubuh?

Myles Bannister

Penyebab Rasa Nyaman Saat Berkeringat

Selain dengan mengonsumsi makanan hangat seperti sup hangat, kita disarankan untuk tetap aktif atau melakukan olahraga ringan saat sakit agar dapat mengeluarkan keringat. Menurut pakar kesehatan, berkeringat saat sakit dapat membuat tubuh terasa nyaman.

Pakar kesehatan Leeja Carter, PhD dari Long Island University, Brooklyn, Amerika Serikat mengatakan bahwa sensasi nyaman ini disebabkan oleh hormon endorphin yang banyak dihasilkan ketika kita berkeringat. Hormon ini membuat kita merasa lebih baik dan meningkatkan suasana hati yang biasanya kurang baik saat sakit.

Sementara itu, Michele Olson, PhD dari Huntingdon College, Alabama, Amerika Serikat menjelaskan bahwa berkeringat saat sakit juga dapat membuat tubuh menjadi lebih dingin. Suhu tubuh yang menurun akibat mekanisme alami tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit lainnya memberikan rasa nyaman.

Berkeringat juga mampu mencegah peningkatan suhu tubuh saat demam. Oleh karena itu, Olson menyarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, atau peregangan untuk membantu proses pemulihan tubuh yang lebih cepat.

Manfaat Berkeringat Bagi Tubuh

Selain membuat tubuh nyaman saat sakit, berkeringat memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan tersebut.

Bisa Membuat Tubuh Lebih Dingin Saat Suhu Terlalu Panas

Saat suhu udara sangat panas, kita akan merasa gerah dan mengeluarkan banyak keringat. Hal ini adalah mekanisme alami tubuh untuk mencegah suhu internal meningkat. Dengan menjaga suhu tubuh tetap normal, semua organ dan sistem tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui, lonjakan suhu tubuh yang drastis dapat menyebabkan heat stroke yang berisiko bagi jantung dan bisa berujung pada kematian.

Bisa Memperlancar Sirkulasi Darah

Berkeringat dapat mempercepat denyut jantung, yang berdampak pada peningkatan sirkulasi darah. Nutrisi dan oksigen lebih baik disalurkan ke organ, jaringan, dan bagian tubuh lainnya. Ini berdampak positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebagai contoh, sirkulasi darah yang meningkat dapat menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Bisa Membantu Proses Pembuangan Racun

Keringat yang dikeluarkan membantu tubuh membuang racun. Berdasarkan penelitian, keringat mengandung logam beracun dalam jumlah kecil. Logam ini dapat berasal dari polusi udara atau faktor lain yang diserap oleh kulit saat beraktivitas.

Bisa Membantu Mengatasi Asma

Penderita asma disarankan untuk berolahraga agar berkeringat lebih banyak. Hal ini membantu meningkatkan fungsi saluran pernapasan dan mengurangi risiko serangan asma.

Namun, penting untuk penderita asma berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai jenis olahraga yang aman untuk dilakukan.

About The Author

Amoxicillin: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Penyebab Gigi Anak Rusak dan Cara Merawatnya