Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Puting Payudara Sakit dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Ada beberapa penyebab sakitnya puting payudara, termasuk infeksi dan kanker. Oleh karena itu, penting untuk mendiagnosisnya dengan bantuan dokter dan melakukan penanganan yang tepat. Berikut adalah gejala puting payudara sakit yang perlu Anda ketahui.

Gejala Puting Payudara Sakit

Gejala nyeri puting payudara berbeda-beda pada setiap wanita. Beberapa mungkin merasakan sakit pada puting payudara, sementara yang lain merasakan sakit yang intens atau seperti tertusuk-tusuk disertai gatal.

Beberapa gejala umum sakit dan nyeri pada payudara meliputi:

  • Benjolan pada payudara
  • Pembengkakan payudara
  • Keluarnya cairan dari puting payudara

Di sisi lain, gejala yang terjadi akibat nyeri payudara yang disebabkan oleh infeksi meliputi:

  • Kulit merah pada payudara
  • Nyeri pada payudara
  • Pembengkakan payudara

Siklus menstruasi dapat menyebabkan fluktuasi hormon yang membuat payudara terasa bengkak, kental, dan terkadang nyeri, terutama sebelum menstruasi.

Jika nyeri pada puting disebabkan oleh fluktuasi hormon, biasanya nyeri akan semakin parah dua hingga tiga hari sebelum menstruasi. Terkadang rasa sakit tersebut tetap berlanjut sepanjang siklus menstruasi.

Penyebab Nyeri Puting Payudara

Ada 8 kemungkinan penyebab sakitnya puting payudara, menurut laporan dari Medical News Today, yaitu:

1. Gesekan

Gesekan adalah alasan umum yang dapat membuat puting payudara sakit. Gesekan dapat terjadi jika puting terus-menerus mengalami gesekan saat memakai pakaian atau bra yang tidak pas, terutama saat melakukan aktivitas seperti berlari, berselancar, atau bermain basket.

Gesekan pada puting payudara seringkali menyebabkan rasa nyeri dan dapat membuat kulit menjadi kering atau pecah-pecah.

Aktivitas olahraga dalam waktu yang lama juga dapat memperpanjang gesekan. Orang dengan kulit sensitif terhadap gesekan dapat mengambil langkah pencegahan seperti menggunakan selotip bedah saat berolahraga.

2. Infeksi

3. Alergi atau dermatitis atopik

4. Kontak seksual

5. Perubahan hormonal

6. Penyakit kanker dan Paget

7. Proses kehamilan

8. Proses menyusui

Cara Mengatasi Puting Susu Sakit

Untuk mencegah puting sakit akibat gesekan, Anda dapat menggunakan bra olahraga yang pas dan terbuat dari bahan kain sintetis yang halus, atau menggunakan produk pelindung seperti pelindung ruam dan perisai puting payudara. Beberapa krim pelembap atau salep juga dapat membantu mengurangi gesekan.

Ibu menyusui disarankan untuk mencari penilaian dan perawatan dari konsultan laktasi untuk membantu bayi membangun kebiasaan menyusui yang baik. Banyak asuransi kesehatan yang men-cover kebutuhan ini.

Puting yang sakit akibat perubahan hormonal pada menstruasi atau kehamilan biasanya merespons baik terhadap kompres hangat atau obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau asetaminofen.

Pengobatan untuk kanker payudara biasanya melibatkan operasi, radiasi, dan kemoterapi. Kasus penyakit Paget umumnya membutuhkan pengangkatan puting payudara dan terapi radiasi pada payudara yang terkena. Beberapa kasus lain mungkin memerlukan pengangkatan seluruh jaringan payudara.

Kapan Harus Konsultasi ke Dokter?

Secara umum, nyeri pada puting payudara biasanya akan sembuh setelah penyebabnya diobati. Namun, jika mengalami nyeri yang tidak mereda dalam waktu yang lama, disarankan untuk menemui dokter guna mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Jadi, itu tadi beberapa alasan dan cara mengatasi puting payudara yang sakit. Selamat menjaga kesehatan payudara Anda.

About The Author

Pertolongan Pertama Kejang pada Anak

Benign Prostatic Hyperplasia (BPH): Penyebab, Gejala, Diagnosis & Pengobatan