Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

8 Penyebab Mulut Kering Saat Bangun Tidur yang Jarang Disadari

Myles Bannister

Penyebab Mulut Kering Saat Bangun Tidur

Mulut bisa menjadi kering saat bangun tidur karena beberapa penyebab yang jarang disadari. Beberapa faktor yang sering menyebabkan kondisi ini adalah:

Tidur Ngorok

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 16% orang yang ngorok dan 31% orang yang mengalami sleep apnea memiliki mulut yang sangat kering. Tidur yang mengorok akan menyebabkan banyak udara yang masuk dan keluar melalui mulut, sehingga menyebabkan mulut menjadi sangat kering.

Kondisi ini dapat diatasi dengan mengatur postur tidur agar tidak mengorok. Selain itu, dengan mengurangi berat badan, masalah mengorok dan sleep apnea yang menyebabkan mulut kering di pagi hari dapat dihindari.

Penuaan Tubuh

Pada usia di atas 60 tahun, kemungkinan mengalami mulut kering saat bangun tidur lebih tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 30% orang berusia 60 tahun dan 40% orang berusia 80 tahun mengalami mulut kering setelah bangun tidur setiap harinya. Kondisi ini wajar mengingat beberapa orang menggunakan obat-obatan dan memiliki kondisi medis tertentu. Mulut kering juga bisa terjadi pada orang tua yang tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik.

Efek Samping Obat

Beberapa jenis obat dapat menjadi penyebab mulut kering saat bangun tidur, seperti obat diare, obat tidur, obat muntah dan mual, obat gangguan mental, obat sinus, dan obat tekanan darah tinggi.

Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer dapat menyebabkan gangguan pada tubuh, termasuk kesulitan hidrasi. Jika terjadi dehidrasi, setiap kali bangun tidur akan menghasilkan rasa perih dan kekeringan di dalam mulut. Cara mengatasi mulut kering saat bangun tidur adalah dengan menyediakan minuman di dekat penderita Alzheimer dan membuat jadwal minum yang benar untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari.

Diabetes

Pada kondisi diabetes, beberapa gangguan pada tubuh sering terjadi saat gula darah naik. Selain tubuh terasa lemas, keinginan untuk minum berlebihan juga sering terjadi. Kondisi dehidrasi menyebabkan mulut menjadi kering setiap pagi. Selain itu, obat yang digunakan untuk mengatasi gula darah juga dapat mengurangi produksi air liur dalam jumlah yang cukup.

Terapi Kanker

Orang yang menjalani terapi kanker atau kemoterapi sering mengalami mulut kering sebagai efek samping. Hal ini umum terjadi pada semua orang yang menjalani perawatan tersebut. Tidak ada cara pencegahan yang efektif, namun kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah terapi selesai dilakukan.

Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol dapat menyebabkan beberapa masalah pada tubuh dan kesehatan mulut, termasuk kondisi mulut kering setiap pagi.

Penggunaan Obat Terlarang

Mengonsumsi obat-obatan terlarang seperti ekstasi dan heroin dapat menyebabkan kekurangan saliva atau air liur dalam mulut, sehingga saat bangun tidur, mulut terasa sangat kering dan tidak nyaman. Penggunaan obat-obatan terlarang secara berlebihan juga dapat merusak kesehatan mulut dan gigi.

Kondisi Mulut Kering yang Berbahaya

Mulut kering yang terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan masalah yang berbahaya, seperti:

  • Susah makan dan nutrisi yang tidak mencukupi, yang pada anak-anak dapat menyebabkan gizi buruk.
  • Komplikasi pada gigi, termasuk masalah gusi berdarah, pengeroposan gigi, dan gigi berlubang.
  • Masalah psikologi, seperti kecemasan dan stres.
  • Penurunan kemampuan lidah dalam merasakan rasa.

Mulut kering biasanya ditandai dengan beberapa gejala, antara lain:

  • Nyeri di tenggorokan.
  • Mulut terasa panas dan terbakar.
  • Kesulitan menelan makanan.
  • Perubahan suara.
  • Area hidung terasa kering.

Jadi, jika Anda sering mengalami mulut kering saat bangun tidur, penting untuk waspada dan memperhatikan kondisi kesehatan Anda.

About The Author

Neogen Dermalogy Bio Peel Gauze Peeling Wine Pads 30’S

Mengapa Telinga Anda Bisa Terasa Panas? Cek Penyebabnya