Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

8 Penyebab Hematokrit Rendah yang Harus Diwaspadai!

Myles Bannister

Hematokrit (HCT) rendah menandakan bahwa tubuh kekurangan sel darah merah. Apabila kondisi ini tidak mendapatkan penanganan, hal tersebut akan membahayakan kesehatan. Apa saja kondisi yang menyebabkan kadar hematokrit tidak normal? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Hematokrit?

Hematokrit artinya persentase sel darah merah dalam darah. Sel darah merah berfungsi mengangkut oksigen ke tubuh dan memberi warna merah pada darah.

Tes hematokrit dapat menunjukkan persentase hematokrit rendah atau di bawah batas normal. Ini dapat menandakan adanya kelainan darah atau kondisi medis lainnya.

Level hematokrit normal berdasarkan jenis kelamin dan usia:

  • Laki-laki dewasa: 41% – 50%
  • Wanita dewasa: 36% – 44%
  • Bayi: 32% – 42%
  • Bayi baru lahir: 45% – 61%

Gejala Hematokrit Rendah

Seseorang dengan kadar hematokrit rendah cenderung menunjukkan gejala seperti:

  • Kulit pucat
  • Mudah lelah
  • Kurang energi
  • Kesulitan bernapas
  • Detak jantung tidak teratur
  • Tangan atau kaki dingin

Gejala ini juga menunjukkan anemia, yaitu kondisi dengan kadar hemoglobin lebih rendah dari biasanya. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah.

Penyebab Hematokrit Rendah

Penyebab umum hematokrit rendah adalah anemia atau kekurangan darah. Anemia terkait dengan kondisi kesehatan tertentu, antara lain:

1. Kehilangan Darah

Kehilangan darah karena cedera atau penyakit dapat mengurangi jumlah sel darah merah. Jumlah sel darah merah yang lebih sedikit berarti kadar hematokrit lebih rendah.

Perdarahan kronis juga dapat menyebabkan kehilangan darah. Hal ini biasanya terjadi akibat tukak saluran pencernaan, seperti luka akibat bakteri Helicobacter pylori atau penggunaan obat antiinflamasi kronis seperti ibuprofen, obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan aspirin.

Banyak wanita juga kehilangan banyak darah akibat menstruasi yang berat. Hematokrit rendah pada ibu hamil juga bisa terjadi karena perdarahan dari vagina, wasir, kekurangan nutrisi, dan gagal ginjal.

2. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi seperti B12, folat, atau zat besi dalam makanan dapat membuat hematokrit rendah.

Hematokrit rendah akibat kekurangan nutrisi disebut anemia defisiensi nutrisi. Ini adalah masalah umum yang terjadi ketika tubuh tidak dapat menyerap nutrisi tertentu dengan cukup. Kondisi ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak seimbang, kondisi kesehatan, atau perawatan kesehatan tertentu.

3. Anemia Sel Sabit

Anemia sel sabit adalah kelainan bawaan yang membuat sel darah merah berbentuk seperti sabit atau bulan sabit. Sel-sel darah merah ini cenderung mati lebih awal dari biasanya, menjadi kaku, lengket, dan menggumpal, sehingga dapat menghambat aliran darah.

4. Anemia Hemolitik

Anemia hemolitik adalah kondisi di mana sel darah merah mengalami kerusakan atau mati lebih cepat daripada yang dapat diganti oleh tubuh. Kondisi ini membuat tubuh kekurangan sel darah merah.

Kekurangan sel darah merah yang sehat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk nyeri, pembesaran jantung, detak jantung tidak teratur (aritmia), dan gagal jantung.

5. Leukemia

Leukemia adalah jenis kanker darah yang membuat seseorang memiliki jumlah sel darah merah lebih sedikit dari biasanya. Kanker ini terjadi ketika sel-sel leukemia di sumsum tulang menggantikan sel darah merah yang sehat.

6. Hiponatremia

Hiponatremia adalah kondisi di mana kadar natrium dalam darah lebih rendah dari normal. Natrium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah air dalam tubuh.

Konsumsi air yang berlebihan dapat membuat darah menjadi encer. Kenaikan kadar air dalam tubuh bisa membuat sel-sel tubuh membesar. Pembengkakan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari ringan hingga mengancam jiwa.

7. Penyakit Ginjal

Kadar hematokrit rendah menunjukkan adanya anemia, yang merupakan komplikasi umum pada penyakit ginjal. Penyakit ini terjadi akibat kerusakan ginjal yang mengakibatkan produksi sedikit sel darah merah oleh sumsum tulang.

8. Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid adalah kondisi yang mengakibatkan produksi sel darah merah yang lebih sedikit oleh tubuh. Jumlah sel darah merah yang lebih rendah membuat hematokrit menurun.

Nah, itulah berbagai penyebab hematokrit rendah yang harus diwaspadai. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

Referensi

  1. Anonim. 2022. Hematocrit. https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/17683-hematocrit. (Diakses pada 21 Oktober 2022)
  2. Anonim. Hematocrit Test. https://medlineplus.gov/lab-tests/hematocrit-test. (Diakses pada 21 Oktober 2022)
  3. Davis, Charles P. Hematocrit Blood Test: Normal, High, Low Ranges. https://www.emedicinehealth.com/hematocrit_blood_test/article_em.htm. (Diakses pada 21 Oktober 2022)
  4. Martin, Lauren. 2021. What is a normal hematocrit level?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/hematocrit-levels. (Diakses pada 21 Oktober 2022)

About The Author

Douching untuk Mencegah Kehamilan, Apakah Efektif?

Penyebab, Gejala, Tipe, Komplikasi, Pengobatan, dan Lainnya tentang Gagal Hati