Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mendeteksi Gejala Kanker Usus Lewat Feses, Seperti Apa Bentuknya?

Myles Bannister

Kanker usus besar memiliki angka kematian yang cukup tinggi karena diagnosis yang terlambat. Feses bisa menjadi tanda kanker usus yang mudah diamati. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tanda-tanda Kanker Usus Dilihat dari Feses

Feses merupakan indikator penting untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Kualitas kotoran bisa menunjukkan gangguan kesehatan, berikut adalah beberapa tanda kondisi kanker usus dalam feses:

1. Feses Berbentuk Seperti Pensil

Salah satu ciri kanker usus adalah bentuk feses yang menyerupai pensil. Bentuk ini disebabkan oleh penyempitan saluran usus akibat tumor.

2. Nyeri saat Buang Air Besar

Nyeri saat buang air besar bisa menjadi tanda kanker usus, terutama pada kanker rektum.

3. Sensasi Buang Air Besar Tidak Tuntas

Sensasi tidak tuntas saat buang air besar juga merupakan gejala kanker usus, terutama pada kanker rektum.

4. Perdarahan pada Rektum

Kanker usus dan rektum bisa ditunjukkan dengan perdarahan pada rektum. Perdarahan yang tidak biasa harus diperiksa oleh dokter.

5. Nyeri pada Perut

Selain kondisi feses, tanda kanker usus bisa diamati dengan sakit perut akibat peradangan lokal.

Gejala lain yang berkaitan dengan masalah pencernaan adalah kelelahan, akibat perdarahan pada usus dan perkembangan anemia.

Pentingnya Mengecek Kondisi Feses Ketika BAB

Dalam mengobati kanker usus, diagnosis sejak dini sangat penting. Kondisi feses bisa menjadi tanda kanker usus, jadi periksa kondisi tinja Anda secara teratur.

Kanker usus dapat menyebabkan perdarahan yang membuat feses terlihat berwarna kemerahan, kecokelatan, atau kehitaman.

Perdarahan sulit terdeteksi dengan mata telanjang, maka perhatikan gejala lain seperti anemia yang tidak ada penyebabnya.

Selain bentuk feses, perhatikan juga gejala-gejala lain seperti sembelit, diare, perdarahan pada tinja, tenesmus, perut kembung, kram perut, dan anemia.

Pada stadium IV, gejala kanker usus akan semakin nampak pada beberapa penderita seperti feses keras berwarna kehitaman, mual dan muntah, serta penurunan berat badan.

Jadi, penting untuk mengamati bentuk tinja, terutama jika berisiko terhadap kanker ini.

Referensi

  1. Jacques, Erica. 2020. What Are Nociceptors? https://www.verywellhealth.com/what-are-nociceptors-2564616. (Diakses pada 1 Maret 2023).
  2. Myhre, James & Sifris, Dennis. 2021. Colon Cancer and Poop: Signs to Watch Out For. https://www.verywellhealth.com/colon-cancer-and-poop-signs-to-watch-for-5094615. (Diakses pada 1 Maret 2023).

About The Author

Gejala Radang Usus dan Cara Mengatasinya

Amankah Konsumsi Kecap Manis untuk Penderita Diabetes?