Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Semangka Merah atau Kuning, Mana yang Lebih Kaya Manfaat?

Myles Bannister

Semangka merah dan semangka kuning merupakan jenis buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Terdapat perbedaan di antara keduanya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Semangka Merah dan Kuning

Jika dibandingkan dengan semangka merah, semangka kuning memang kurang umum dijumpai. Namun, kandungan nutrisi di dalamnya ternyata tidak kalah banyak. Keduanya juga enak dan menyegarkan sehingga cocok dijadikan camilan sehat.

Terdapat sejumlah perbedaan antara semangka merah dan kuning, di antaranya:

1. Warna

Perbedaan utama dari semangka merah dan semangka kuning adalah warna daging buahnya. Warna pada buah berasal dari senyawa kimia di dalamnya.

Senyawa pigmen yang ditemukan dalam semangka merah adalah likopen, sedangkan semangka kuning mengandung beta karoten, bahan kimia yang memberi warna pada wortel.

2. Rasa

Rasa keduanya tidak berbeda, tetapi kadar manis buahnya berbeda. Semangka kuning memiliki rasa yang lebih manis, hampir serupa rasa madu atau aprikot.

3. Ketebalan Daging

Semangka kuning memiliki daging buah yang lebih tebal sehingga bisa mengenyangkan. Kandungan kalori di dalam semangka kuning lebih sedikit, yaitu sekitar 46 kalori dalam satu porsi. Cocok untuk menjadi camilan sehat saat menjalankan program penurunan berat badan.

Kandungan Nutrisi Semangka Kuning dan Merah

Kandungan nutrisi antara semangka merah dan semangka kuning tidak jauh berbeda. Keduanya terdiri dari 90% air dan mengandung vitamin A, vitamin C, serat, dan potasium.

Perbedaan kandungan yang signifikan di antara keduanya adalah likopen dan beta karoten. Likopen banyak terdapat pada semangka merah, sedangkan beta karoten terkandung dalam semangka kuning.

Likopen membantu mengurangi stres oksidatif dan dapat mencegah masalah kesehatan seperti kanker, diabetes, dan penyakit Alzheimer. Beta karoten diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, menjaga kesehatan mata dan tubuh serta melindungi dari kanker.

Mana yang Lebih Sehat?

Kedua varietas semangka ini sama-sama baik untuk meningkatkan kadar antioksidan tubuh dan dapat digunakan dalam banyak cara yang sama.

Semangka kuning lebih unggul dalam menjaga kesehatan mata karena mengandung beta karoten. Namun, semangka merah juga mengandung vitamin A dan likopen yang baik untuk mata dan mencegah penurunan penglihatan.

Kedua semangka ini juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, mencegah dehidrasi, dan sembelit.

Tambahkan semangka merah dan kuning ke dalam menu camilan sehat untuk memenuhi nutrisi bagi tubuh.

Referensi

  1. Staughton, John. 2020. What Is Yellow Watermelon & How Is It Different From Red Watermelon . https://www.organicfacts.net/yellow-watermelon.html. (Diakses pada 21 September 2023).
  2. Weaver, Carly. 2023. The Nutritional Difference in Yellow vs. Red Watermelon. https://www.foodrepublic.com/1395388/yellow-vs-red-watermelon-nutrition-difference/. (Diakses pada 21 September 2023).
  3. West, Helen. 2023. 6 Health Benefits of Vitamin A, Backed by Science. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-a-benefits. (Diakses pada 21 September 2023).

About The Author

Mielitis Transversa: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

8 Cara Mengatasi Kelelahan Mental