Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Melanox – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Melanox adalah obat untuk mengatasi kulit wajah yang mengalami hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari. Obat ini mengandung hidrokuinon dan digunakan secara topikal dengan mengoleskannya pada kulit wajah yang mengalami hiperpigmentasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat Melanox, termasuk bentuk sediaannya, indikasi, kontraindikasi, manfaat, dosis, dan efek sampingnya, lanjutkan membaca.

  • Nama: Melanox
  • Kelas Terapi: Hiperpigmentasi Akibat Sinar Matahari dan Kontrasepsi
  • Monografi Obat: Hidrokuinon

Bentuk Sediaan Melanox

Obat Melanox tersedia dalam bentuk krim. Ada dua varian obat Melanox yang beredar di pasaran, yaitu obat Melanox biasa dan obat Melanox forte. Kedua varian ini dikemas dalam tube dengan berat bersih 15 gram.

Obat Melanox biasa mengandung hidrokuinon sebanyak 2%, sedangkan obat Melanox forte mengandung hidrokuinon sebanyak 4%. Simpan obat Melanox di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan langsung sinar matahari.

Indikasi Melanox

Obat Melanox digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari atau penggunaan obat kontrasepsi oral seperti pil KB.

Hidrokuinon dalam obat Melanox dapat mengurangi pembentukan melanin di kulit, sehingga produksi pigmen coklat menurun. Beberapa kondisi hiperpigmentasi yang dapat diatasi dengan obat Melanox antara lain bintik-bintik hitam akibat pertambahan usia, noda hitam, melasma, dan kloasma.

Kontraindikasi Melanox

Anda tidak boleh menggunakan obat Melanox jika Anda memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap hidrokuinon. Ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak di bawah 12 tahun juga sebaiknya menghindari penggunaan obat Melanox.

Perhatian

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat Melanox:

  • Hindari penggunaan obat Melanox di sekitar area mata.
  • Jangan gunakan obat Melanox dalam jangka panjang.
  • Hentikan pemakaian jika terjadi reaksi alergi atau iritasi.
  • Jangan gunakan sabun pembersih wajah yang mengandung bahan abrasif atau iritasi kulit.
  • Jangan menggunakan kosmetik yang meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda memiliki penyakit hati atau ginjal, asma, atau sedang menggunakan antibiotik.

Manfaat Melanox

Manfaat utama obat Melanox adalah mengatasi hiperpigmentasi pada kulit wajah. Hidrokuinon dalam obat Melanox mampu mengurangi produksi melanin yang menyebabkan hiperpigmentasi.

Manfaat Melanox antara lain:

  • Mengurangi produksi melanin di kulit.
  • Menghilangkan bintik-bintik hitam akibat pertambahan usia.
  • Menghilangkan noda hitam atau flek hitam.
  • Mengatasi melasma.
  • Mengatasi kloasma.

Dosis Melanox

Gunakan obat Melanox sesuai dosis dan aturan pakai yang dianjurkan untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Dosis umum obat Melanox adalah 1-2 kali pemakaian sehari. Oleskan krim Melanox secara tipis dan merata pada area yang mengalami hiperpigmentasi.

Gunakan obat Melanox setengah jam sebelum tidur dan pastikan wajah Anda bersih sebelum mengaplikasikan krim tersebut.

Efek Samping Melanox

Beberapa efek samping Melanox yang mungkin terjadi pada beberapa kasus adalah reaksi alergi berupa ruam kulit dan gatal-gatal ringan. Jika mengalami reaksi alergi tersebut, hentikan pemakaian obat Melanox dan konsultasikan dengan dokter.

Pada kasus yang lebih parah, efek samping Melanox dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, terbakar, pecah-pecah, melepuh, atau bahkan berdarah.

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Drugs.com

About The Author

Manfaat Susu Kuda Liar (Pria Harus Baca)

11 Cara Mengobati Batuk Berdahak yang Alami (Manjur)