Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

12 Makanan Penambah Sel Darah Putih

Myles Bannister

Kekurangan sel darah putih membuat daya tahan tubuh lemah sehingga rentan terkena infeksi. Salah satu cara agar tidak mudah terkena infeksi adalah dengan mengonsumsi makanan penambah sel darah putih. Apa saja makanan tersebut? Cari tahu dalam artikel ini!

Makanan Penambah Sel Darah Putih

Sel darah putih (leukosit) merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi. Jika jumlah sel darah putih rendah, daya tahan tubuh dapat melemah dan rentan terkena infeksi. Berikut makanan yang dapat meningkatkan jumlah sel darah putih:

1. Daun pepaya

Daun pepaya mengandung acetogenins, senyawa penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi jus daun pepaya 1 hingga 2 kali sehari.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat imunomodulator dan antiinflamasi yang meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa menambahkan bawang putih yang sudah dihancurkan atau dicincang ke dalam makanan.

3. Bayam

Bayam adalah sumber vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan jumlah sel darah putih. Disarankan untuk memasak bayam sesingkat mungkin agar nutrisinya tetap terjaga.

4. Yoghurt

Probiotik dalam yoghurt dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan jumlah sel darah putih. Konsumsilah yoghurt tawar yang diperkaya dengan vitamin D.

5. Brokoli

Sulforaphane dalam brokoli membantu mengatur jumlah sel darah putih dan meningkatkan kekebalan tubuh. Brokoli juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

6. Kiwi

Kiwi mengandung antioksidan, potasium, vitamin C, dan E yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan jumlah sel darah putih.

7. Buah sitrus

Buah sitrus kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan jumlah sel darah putih.

8. Mengkudu

Mengkudu mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan jumlah limfosit T dan B.

9. Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh. Meski perlu penelitian lebih lanjut, kunyit dapat menjadi makanan penambah sel darah putih.

10. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung nutrisi dan antioksidan yang meningkatkan sel darah putih.

11. Paprika merah

Paprika merah tinggi akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12. Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat, termasuk mengurangi sakit tenggorokan dan memiliki sifat penurun kolesterol. Jahe juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebelum mengonsumsi makanan ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

  1. Anonim. 2022. Leukopenia foods: What to eat with a low white blood cell count. Sumber.
  2. Naser, Shaheen. 2022. 15 Best Remedies To Increase White Blood Cell Count At Home. Sumber.
  3. Schend, James. 2022. 15 Foods That Boost the Immune System. Sumber.

About The Author

Memahami Fungsi Klitoris dan Mitos yang Menyertainya

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Membatalkan Puasa