Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Seberapa Sering Septic Tank Sebaiknya Dikuras?

Myles Bannister

Kronologi Ledakan Septic Tank di Cakung, Jakarta Timur.

Ledakan septic tank terjadi saat proses penyedotan tinja selesai. Sopir truk sedot WC, S, memeriksa sisa tinja di lubang septic tank dengan koran yang dibakar sebagai pencahayaan.

Pria 44 tahun ini kemudian membiarkan koran terbakar di dalam septic tank dan pamit ke pemilik rumah. Terjadi ledakan dari septic tank tersebut dan menewaskannya.

Ahli menyebut ledakan septic tank berasal dari gas metana yang menumpuk di dalam septic tank. Tersulut api, gas dengan tekanan tinggi ini menyebabkan ledakan hingga terbangnya tutup septic tank.

Kita tidak boleh bermain api di sekitar septic tank atau memasukkan api ke dalamnya. Saluran udara pada septic tank harus diberikan untuk mencegah penumpukan gas metana dengan tekanan tinggi.

Frekuensi Menguras Septic Tank yang Disarankan

Banyak orang membiarkan kotoran di dalam septic tanknya menumpuk. Pakar kesehatan menyarankan untuk rutin menguras septic tank setidaknya tiga tahun sekali. Jika tidak, kotoran dapat merembes dan mencemari lingkungan.

Salah satu yang dapat tercemar oleh septic tank yang merembes adalah air tanah atau air sumur. Air ini digunakan untuk minum, mandi, atau mencuci. Air ini dapat tercemar oleh bakteri yang menyebabkan penyakit.

Banyak orang menganggap septic tank yang belum penuh atau mampet sebagai tanda untuk tidak mengurasnya. Padahal, hal ini disebabkan oleh penguraian bakteri pada kotoran di dalam septic tank yang membuat kotoran berubah menjadi lumpur dan air. Air ini kemudian merembes di sekitar septic tank sehingga membuat septic tank ini seolah tidak akan pernah penuh.

Air Tanah di Indonesia Telah Banyak Tercemar Bakteri E.Coli

Pakar kesehatan Foort Bustraan dari Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene menyebut telah melakukan penelitian pada air tanah dan air sungai. 80 persen sumber air tersebut tercemar bakteri E.Coli, bakteri yang juga bisa ditemukan di dalam kotoran atau di dalam septic tank. Hal ini terkait dengan kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia tentang sanitasi dan menjaga lingkungan.

Nugraha Tri Utomo dari Bappenas menyebut septic tank yang tidak pernah dikuras selama lima tahun akan bocor dan mencemari lingkungan sekitar. Jika rembesan ini mencapai air tanah yang digunakan untuk konsumsi sehari-hari, maka akan menyebabkan masalah kesehatan seperti diare.

Sumber:

  1. Illahi, Kurnia. 2019. Kronologi Septic Tank Meledak di Cakung yang Menewaskan Sopir Jasa Sedot WC.id/news/megapolitan/kronologi-septic-tank-meledak-di-cakung-yang-menewaskan-sopir-jasa-sedot-wc. (Diakses pada 6 November 2019).

About The Author

Psikopat: Penyebab, Ciri Ciri, Diagnosis, Cara Mencegah

Fungsi Lemak Bagi Tubuh, Bukan Sekedar Membuat Gemuk