Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mata Bintitan? Sembuhkan Dengan 5 Bahan Alami Ini

Myles Bannister

Bintitan tidak menyebabkan kebutaan, tetapi membuat mata tidak nyaman karena perih. Bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri di akar rambut bulu mata.

Gejala Bintitan

Bintitan ditandai dengan benjolan merah seperti bisul pada kelopak mata. Gejala bintitan antara lain:

  • Mata atau kelopak mata memerah.
  • Kelopak mata bengkak dan nyeri.
  • Mata berair.
  • Rasa gatal di kelopak mata.
  • Nyeri pada mata, terutama saat menundukkan kepala.

Hampir semua bintitan sembuh sendiri tanpa perlu penanganan medis khusus. Namun, jika bintitan tidak membaik setelah 2 hari atau pembengkakan meluas ke wajah, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Berikut beberapa obat alami bintitan yang bisa dicoba:

Ketumbar

Rebus 2-4 sendok ketumbar, kemudian kompres mata dengan air rebusan ketumbar ini. Ketumbar mengandung antioksidan dan sifat antibakteri yang baik untuk bintitan.

Teh celup

Kompres mata dengan kantong teh celup yang sudah digunakan. Teh mengandung antioksidan yang membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat bintitan.

Daun jambu biji

Giling daun jambu biji halus dan oleskan pada kelopak mata yang bintitan. Daun jambu biji mengandung senyawa antibakteri dan antiinflamasi yang membantu proses penyembuhan.

Kunyit

Haluskan kunyit dan oleskan pada mata bintitan. Kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang mempercepat penyembuhan dan meredakan benjolan di mata.

Bunga

Tumbuk bunga seperti melati, mawar, kenanga, atau bunga sepatu hingga hancur, lalu oleskan pada bintitan. Cara ini efektif untuk bintitan akibat gigitan serangga.

Selain menggunakan obat alami, Anda juga dapat menempelkan kompres air hangat dan memijat lembut area bintitan. Lakukan kompres selama 10 menit, 4 kali sehari. Kompres air hangat membantu mengencerkan nanah dan mengempiskan bintitan secara alami.

About The Author

Broadamox: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll

Bahaya Makan Terlalu Cepat