Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sebenarnya, Jeroan Ada Manfaatnya Nggak Sih?

Myles Bannister

Berbagai manfaat kesehatan dari makan jeroan

Pakar kesehatan mengatakan jeroan kaya protein, lemak, dan vitamin. Di dalamnya juga terdapat kandungan asam amino esensial yang memberikan manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat kesehatan tersebut.

Bisa menyediakan vitamin A

Jeroan memiliki kandungan vitamin A dan retinol yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan risiko peradangan, dan memperbaiki kesehatan mata. Jika dikonsumsi dengan benar, risiko degenerasi makula dapat berkurang.

Tinggi kandungan vitamin B kompleks

Jeroan kaya vitamin B kompleks yang mendukung kesehatan jantung. Vitamin ini dapat menurunkan kandungan homocusteine, asam amino yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Selain itu, vitamin ini juga dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan mendukung regenerasi sel darah.

Vitamin B kompleks juga bermanfaat untuk kesehatan mental karena dapat mengurangi risiko depresi dan gangguan kecemasan.

Bisa mencegah anemia

Kandungan zat besi di dalam jeroan membantu mencegah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kurang energi.

Memiliki kandungan CoQ10

CoQ10 adalah antioksidan yang melindungi jantung, meningkatkan energi tubuh, dan mencegah penuaan dini.

Bisa meningkatkan kesuburan

Niasin di dalam jeroan membantu mengurangi risiko disfungsi ereksi, mengatur siklus menstruasi, dan mengurangi risiko mual pada ibu hamil. Selain itu, jeroan juga mengandung asam folat yang mendukung perkembangan janin.

Bahaya makan jeroan secara berlebihan

Tetapi, meskipun bermanfaat bagi kesehatan, tidak berarti kita bisa mengonsumsi jeroan dalam jumlah banyak setiap hari. Pakar kesehatan menyarankan untuk membatasi konsumsi demi mencegah masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa dampak buruk mengonsumsi jeroan secara berlebihan.

Bisa meningkatkan kolesterol

Meskipun melindungi jantung, jeroan tinggi kolesterol sehingga harus dibatasi konsumsinya. Mengonsumsi jeroan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

Bisa menyebabkan gangguan pencernaan

Jeroan tertentu seperti usus sulit dicerna karena teksturnya yang keras. Hal ini dapat membuat pencernaan bekerja lebih keras dan menyebabkan ketidaknyamanan perut.

Bisa menyebabkan penyakit asam urat

Jeroan mengandung purin yang tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh yang meningkatkan risiko penyakit asam urat, yang ditandai dengan nyeri persendian, kekakuan, dan pembengkakan.

Adanya kandungan racun di dalamnya

Jeroan seperti hati dan ginjal berfungsi menyaring racun, seperti merkuri, timah, arsenik, dan sebagainya. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat membahayakan tubuh.

Jeroan seperti hati dan ginjal berfungsi menyaring racun, seperti merkuri, timah, arsenik, dan sebagainya. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat membahayakan tubuh.

About The Author

Perkembangan Bayi 6 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa?

Sepsis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan