Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Dextromethorphan: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Myles Bannister

Dextromethorphan digunakan untuk mengatasi batuk akibat sinusitis atau flu. Obat ini tidak digunakan untuk batuk berdahak atau batuk jangka panjang, seperti akibat merokok, bronkitis kronis, emfisema, atau asma.

Manfaat Dextromethorphan

Dextromethorphan digunakan untuk meredakan batuk kering yang berasal dari otak.

Batuk terbagi menjadi kering dan berdahak. Batuk kering tidak menghasilkan dahak atau lendir. Dextromethorphan umumnya digunakan untuk batuk kering yang disebabkan sinusitis atau pilek biasa.

Dosis Dextromethorphan

Dosis Dextromethorphan tergantung pada bentuk sediaan dan gejala batuk:

  • Kapsul: 10-30 mg setiap 4-8 jam
  • Cairan: 10-30 mg setiap 4-8 jam
  • Tablet: 10-30 mg setiap 4-8 jam
  • Sirup: 10-30 mg setiap 4-8 jam
  • Permen: 3 permen setiap 6-8 jam, masing-masing mengandung 10 mg Dextromethorphan

Dosis maksimal adalah 120 mg per hari. Dosis dapat berubah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien. Jangan mengubah dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Jangan gunakan Dextromethorphan pada anak di bawah 6 tahun. Keamanan penggunaan pada anak belum diketahui.

Efek Samping

Dextromethorphan dapat menyebabkan efek samping seperti kantuk, pusing, mual, muntah, dan gangguan pencernaan. Efek samping lain yang jarang terjadi adalah pusing berat, ruam merah, kesulitan bernapas, cemas, gelisah, dan linglung.

Jika mengalami efek samping yang berat, segera hentikan penggunaan obat ini dan konsultasikan ke dokter.

Interaksi Obat

Dextromethorphan tidak boleh digunakan bersama dengan MAO inhibitor, hydrocodone, isocarboxazid, methylene blue, moclobemide, phenelzine, procarbazine, rasagiline, safinamide, selegiline, atau tranylcypromine. Jika sedang mengonsumsi obat atau herbal lain, diskusikan dengan dokter untuk menghindari interaksi obat.

Keamanan untuk Kehamilan

Penggunaan Dextromethorphan pada ibu hamil hanya jika manfaatnya lebih besar daripada efek sampingnya.

Peringatan dan Perhatian

Penggunaan Dextromethorphan pada ibu hamil, ibu menyusui, dan wanita yang merencanakan kehamilan harus diawasi oleh dokter. Tidak disarankan untuk digunakan pada anak di bawah 6 tahun. Hati-hati penggunaan pada pasien dengan gangguan hati, gangguan ginjal, diabetes, asma, atau gangguan pernapasan lainnya. Tidak boleh digunakan pada pasien yang hipersensitif terhadap Dextromethorphan atau obat sejenisnya. Hindari penggunaan bersamaan dengan obat flu, pilek, atau batuk lainnya. Setelah konsumsi, hindari mengemudi atau mengoperasikan mesin karena dapat menyebabkan kantuk. Tidak digunakan dalam jangka panjang. Simpan obat ini di tempat sejuk dan hindari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

About The Author

Infeksi Otak – Pengertian, Penyebab, dan Pengobatan

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 9 Minggu