Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres!

Myles Bannister

Adakah manfaat kapulaga selain untuk bumbu makanan? Rempah-rempah memiliki beragam jenis dengan manfaat sebagai bumbu atau obat herbal. Salah satu jenis rempah yang umum di pasaran adalah kapulaga. Kapulaga dihasilkan dari biji tanaman-tanaman dari genera Elettaria dan Amomun. Kapulaga masuk dalam famili Zingiberaceae atau jahe-jahean.

Jenis kapulaga yang umum di Indonesia adalah kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga india atau kapulaga sabrang (Elettaria cardamomum). Buah kapulaga jawa berwarna merah dan berbentuk bulat, sedangkan kapulaga india berwarna hijau, berserat, dan lonjong. Ada juga kapulaga yang mirip dengan kapulaga jawa, tetapi berwarna kuning kelabu, kadang disebut kapulaga lokal.

Biji kapulaga dari Amomum dan Elettaria memiliki bentuk yang berbeda. Biji Amomun lebih besar dengan warna coklat kehitaman. Biji kapulaga dari Elettaria memiliki warna yang lebih terang.

Manfaat Kapulaga

Selain sebagai bumbu masakan, kapulaga juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kapulaga yang penting diketahui!

1. Mengurangi stres

Kapulaga memiliki sifat antidepresan yang dapat memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres. Mengonsumsi dan menghirup aroma kapulaga dapat memberikan efek menenangkan. Mengonsumsi kapulaga secara rutin dapat memperbaiki mood dan mengurangi stres.

2. Melancarkan pencernaan

Kapulaga mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan. Kapulaga dapat melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi sembelit. Selain itu, kapulaga juga bermanfaat untuk mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi nyeri perut, kejang usus, dan memperbaiki nafsu makan.

3. Mencegah infeksi

Kapulaga memiliki sifat antimikroba yang melawan bakteri, virus, dan jamur tertentu, sehingga dapat mencegah infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Obat nyeri

Kapulaga memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang dapat meredakan nyeri pada gigi, gusi, kepala, otot, dan sendi.

5. Baik untuk tulang

Kapulaga mengandung nutrisi seperti vitamin C dan mangan yang baik untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang, mencegah osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing

Kapulaga memiliki sifat diuretik yang menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing, mencegah infeksi saluran kemih dan peradangan ginjal.

7. Mengobati batuk dan pilek

Kapulaga dapat mengobati batuk dan pilek dengan efek menenangkan dan membantu mengencerkan dahak.

8. Kesehatan mulut dan tenggorokan

Kapulaga dengan sifat antiinflamasi dapat meredakan sariawan, radang tenggorokan, dan menyegarkan napas.

Cara Menggunakan Kapulaga

Kapulaga dapat digunakan dalam berbagai bentuk seperti biji kering, bubuk, suplemen, teh, minyak, atau jamu. Pilih sesuai kebutuhan. Perhatikan juga beberapa hal sebelum menggunakan kapulaga:

  • Perhatikan komposisi suplemen kapulaga.
  • Jangan menggunakan kapulaga dalam jangka panjang. Konsultasikan ke dokter jika gejala penyakit tidak membaik dalam tiga hari.
  • Konsultasikan pada dokter jika sedang menggunakan obat resep lain.
  • Barengi penggunaan kapulaga dengan pola hidup sehat.

Cobalah kapulaga sebagai obat herbal atau sebagai bumbu makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selamat mencoba!

About The Author

Transfusi Trombosit: Fungsi, Prosedur, Risiko, dll

Bahaya Sering Mengonsumsi Makanan Manis Bagi Ibu Hamil