Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sangat Perasa? Ciri-Ciri Highly Sensitive Person (HSP)

Myles Bannister

Highly sensitive person (HSP) atau orang yang sangat sensitif memiliki ciri-ciri khas. Apa saja ciri-ciri HSP yang dapat dikenali? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Highly Sensitive Person?

Highly sensitive person adalah istilah untuk orang dengan kepekaan sistem saraf pusat yang meningkat terhadap respons fisik, mental, emosional, atau sosial terhadap rangsangan internal atau eksternal. Orang dengan HSP mungkin memiliki kepribadian introvert, ekstrovert, atau mungkin keduanya.

Ciri-ciri Highly Sensitive Person

HSP bukanlah gangguan yang dapat didiagnosis, tetapi merupakan sifat kepribadian terkait dengan respons yang lebih kuat terhadap pengaruh positif dan negatif. Berikut ini ciri-ciri HSP yang bisa Anda kenali:

1. Sangat berempati

Orang dengan HSP memiliki kemampuan merasakan perasaan, kebutuhan, dan ketidakamanan pada orang lain. Mereka memiliki neuron cermin yang lebih aktif, yang bertanggung jawab untuk memahami emosi orang lain.

2. Mudah kewalahan dengan indra Anda

HSP cenderung mengalami stimulasi berlebihan pada penglihatan, penciuman, rasa, sentuhan, dan suara. Beberapa mungkin mengalami satu atau dua indra yang menguasai atau merasa terlalu terstimulasi oleh kelima indra tersebut.

3. Berpikir sebelum bertindak

Orang yang sangat sensitif ulung dalam memproses informasi dan membuat hubungan yang kompleks. Berikan diri Anda kesempatan untuk memproses informasi sebelum merespons atau bertindak.

4. Mudah marah dengan kekerasan di media

Orang dengan HSP sangat berempati, sehingga tampilan kekerasan di media bisa sangat mengganggu mereka. Mereka mungkin menghindari menonton film horor, adegan penyiksaan, atau berita yang menampilkan kekerasan.

5. Berusaha menghindari stres

Mereka mencoba menghindari situasi yang membuat stres atau berlebihan dalam kehidupannya. Ini mungkin terjadi secara tidak sadar pada awalnya, tetapi kemudian mereka menyadari bahwa ini benar bagi mereka ketika melakukan introspeksi.

6. Sangat emosional

HSP cenderung memiliki hubungan yang kuat dengan emosi mereka dan menghabiskan waktu untuk merenung atau mengembangkan diri. Jika Anda melakukannya, Anda mungkin seorang HSP.

7. Kewalahan oleh kerumunan

HSP seringkali menjadi kewalahan oleh kerumunan dan merasa ingin mundur atau menutup diri. Ini bisa terjadi karena rangsangan sensorik dan energi emosional yang diserap dari orang lain.

8. Disebut pemalu saat masih kanak-kanak

Orang HSP sering disebut sebagai “pemalu” atau “menarik diri” saat masih anak-anak. Mereka mengingat komentar tentang kepekaan mereka saat itu.

9. Kewalahan dengan tugas

Tumpukan tugas menjadi sangat melelahkan bagi seorang HSP. Mereka berusaha keras untuk tidak membuat kesalahan atau membuat orang lain merasa kesal terhadap mereka.

10. Menyesuaikan diri dengan situasi

Mereka pandai memahami lingkungan, proyek, seni, dan reaksi emosional orang-orang di sekitarnya. Sensitivitas tinggi memungkinkan mereka memerhatikan hal-hal yang mungkin terlewatkan oleh orang lain.

11. Berhati-hati mengambil keputusan

Seorang HSP sering kesulitan dalam membuat keputusan karena takut membuat pilihan yang salah. Mereka sangat memperhatikan dampak keputusan pada orang lain atau diri sendiri.

12. Peka terhadap rasa sakit

HSP lebih sensitif terhadap rasa sakit. Hal ini terkait dengan kepekaan terhadap input sensorik dan pemrosesan berlebih yang dilakukan oleh otak mereka.

13. Mencerminkan kebaikan

Orang HSP sering dipuji atas kesopanan, kebaikan, dan pemahaman mereka. Namun, mereka juga dapat terganggu oleh orang lain yang tidak memiliki sifat atau nilai yang sama.

14. Seorang pemecah masalah

Komitmen dan dedikasi membuat HSP menjadi anggota yang hebat dalam satu tim. Mereka mampu merasakan konflik, mengurangi masalah, dan menemukan peluang baru.

15. Menikmati bekerja dari rumah

Sering kali, HSP lebih menyukai lingkungan kerja di mana mereka dapat mengontrol rangsangan dari luar. Itulah mengapa mereka memilih untuk bekerja dari rumah daripada di kantor dengan tata ruang terbuka.

Itulah ciri-ciri Highly Sensitive Person yang dapat Anda kenali baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitar Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

  1. Scott, Elizabeth. 2020. What Is a Highly Sensitive Person (HSP)? [Online] Available at: https://www.verywellmind.com/highly-sensitive-persons-traits-that-create-more-stress-4126393. [Accessed on 22 October 2021]
  2. Wilding, Melody. 2021. 14 Traits of Highly Sensitive People [Online] Available at: https://www.psychologytoday.com/intl/blog/trust-yourself/202106/14-traits-highly-sensitive-people. [Accessed on 22 October 2021]
  3. Walters, Jenny. 2021. Understanding the Highly Sensitive Person: Signs, Causes, & More [Online] Available at: https://www.choosingtherapy.com/highly-sensitive-person. [Accessed on 22 October 2021]

About The Author

11 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Bukan Cuma Turunkan Tekanan Darah!

7 Cara Meningkatkan Kadar Hormon Pertumbuhan (HGH)