Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

8 Manfaat Daun Ubi Jalar bagi Kesehatan Tubuh

Myles Bannister

Terus membaca untuk mengetahui manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan tubuh. Cari tahu juga kandungan gizi dari daun ubi jalar dan informasi bermanfaat lainnya.

Kandungan Daun Ubi Jalar

Tidak hanya umbi ubi jalar yang mengandung banyak zat gizi, daun ubi jalar juga mengandung zat gizi yang penting bagi tubuh. Daun ubi jalar mengandung zat gizi makro dan zat gizi mikro.

Zat gizi makro yang terdapat di daun ubi jalar adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Kandungan karbohidrat dan protein di daun ubi jalar tinggi, sedangkan kandungan lemak rendah.

Daun ubi jalar mengandung lemak tak jenuh yang rendah dan kolesterol yang rendah. Daun ubi jalar juga mengandung banyak niasin, kalsium, zat besi, lutein, dan xantin.

Beberapa zat gizi lain yang dikandung oleh daun ubi jalar dalam konsentrasi tinggi termasuk serat makanan, vitamin A, vitamin C, tiamin, riboflavin, vitamin B6, folat, magnesium, fosfor, mangan, dan potasium.

Manfaat Daun Ubi Jalar bagi Kesehatan Tubuh

Daun ubi jalar telah dikenal sebagai bahan masakan yang bermanfaat. Namun, apakah Anda tahu bahwa daun ubi jalar juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan dan mengatasi masalah medis?

Simak lebih lanjut mengenai manfaat jarang diketahui dari daun ubi jalar bagi kesehatan tubuh!

1. Mengatasi masalah peradangan

Daun ubi jalar mengandung antioksidan karena memiliki banyak vitamin C. Antioksidan di daun ubi jalar membantu mengatasi peradangan.

Daun ubi jalar dapat digunakan untuk mengobati masalah peradangan seperti radang sendi, asam urat, asma, dan lainnya. Manfaat daun ubi jalar adalah meredakan nyeri akibat peradangan dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Bentuk daun ubi jalar yang mirip hati menandakan bahwa daun ubi jalar bermanfaat untuk kesehatan jantung. Daun ubi jalar dapat meningkatkan aliran darah dalam arteri dan vena. Selain itu, daun ubi jalar juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang menguntungkan kesehatan jantung.

3. Mencegah penuaan dini

Daun ubi jalar mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat melawan tanda-tanda penuaan dini.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun ubi jalar membantu tubuh melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Jika radikal bebas berhasil diusir, sel-sel kulit terhindar dari stres oksidatif.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Daun ubi jalar mengandung serat makanan yang tinggi. Kandungan serat makanan ini bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Mengonsumsi daun ubi jalar dapat menjaga saluran pencernaan yang sehat.

Manfaat daun ubi jalar juga meliputi penanganan masalah sulit buang air besar atau sembelit. Kesehatan saluran pencernaan yang terjaga juga melindungi dari kanker usus besar.

5. Menurunkan kadar gula darah

Kadar glukosa darah harus dijaga agar tetap normal. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes.

Daun ubi jalar dapat menurunkan kadar gula darah. Ini menjadikannya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk memiliki tubuh yang sehat dan produktif, sistem kekebalan tubuh harus ditingkatkan.

Daun ubi jalar mengandung antioksidan yang tinggi, meningkatkan imunitas tubuh dan melindungi dari penyakit.

7. Mengobati jerawat

Daun ubi jalar memiliki sifat antibakteri dan dapat mengatasi bisul dan jerawat yang disebabkan oleh bakteri tertentu.

Berbagai zat dalam daun ubi jalar membunuh bakteri penyebab jerawat.

8. Mencegah kerusakan lensa mata

Daun ubi jalar mengandung lutein dan xantin, zat yang terdapat di retina dan lensa mata. Kehadiran keduanya bermanfaat bagi kesehatan lensa mata dan retina.

Dengan mengonsumsi daun ubi jalar, lutein dan xantin tetap ada di retina dan lensa mata. Kandungan ini mencegah kerusakan pada lensa mata.

Sumber:

  1. SELF Nutrition Data: Sweet Potato Leaves, Raw Nutrition Facts and Calories. https://nutritiondata.self.com/facts/vegetables-and-vegetable-products/2664/2, diakses pada 17 Desember 2018

About The Author

Cara Mengencangkan Payudara secara Alami

Hernia Femoralis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan