Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Pisang untuk Penderita Darah Tinggi (Hipertensi)

Myles Bannister

Doktersehat.com – Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, membatasi asupan garam adalah penting. Selain itu, asupan vitamin, mineral, dan serat dalam sayuran dan buah-buahan juga membantu menjaga tekanan darah stabil, terutama buah pisang karena kandungan kaliumnya.

Manfaat Pisang untuk Hipertensi

Pisang untuk darah tinggi berguna karena kandungannya kaya kalium. Kalium tinggi dan garam rendah di pisang menurunkan darah tinggi.

Kadar kalium yang lebih tinggi mengurangi risiko serangan jantung dan stroke karena mengimbangi sodium di tubuh. Pisang juga baik saat stres karena mengembalikan kadar kalium yang terbuang.

Pisang dapat menurunkan tekanan darah terutama untuk diet rendah garam tetapi membutuhkan kalium, karena kandungan sodiumnya rendah.

Kalium membantu menyeimbangkan sodium di dalam sel dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Pisang untuk darah tinggi lebih baik dengan ditambahkan sereal, yoghurt, atau salad. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 12% kalium, 8% magnesium, dan 1% kalsium yang dibutuhkan setiap hari.

Mengonsumsi Pisang yang Sehat

Setelah mengetahui manfaat pisang untuk darah tinggi, pertanyaannya adalah pisang mana yang bisa menurunkan tekanan darah?

Pisang yang matang bisa disantap langsung atau diolah menjadi camilan manis yang lebih sehat daripada biskuit.

Hindari menggoreng pisang karena menghilangkan manfaatnya dan berisiko bagi kesehatan karena lemak jenuhnya. Lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi, diabetes, masalah jantung, dan obesitas.

Manfaat pisang tetap terjaga jika dicampur dengan oatmeal, dibuat jus atau smoothie dengan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya, atau dicampur ke adonan kue bolu untuk cita rasa yang lebih bernutrisi.

Buah untuk Darah Tinggi Selain Pisang

Selain pisang, terdapat buah lain yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik, kalsium, dan karotenoid untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Semangka

Semangka mengandung magnesium, kalium, vitamin A dan C, yang membantu mengontrol tekanan darah pada orang dengan obesitas.

3. Kiwi

Kiwi mengandung kalium, folat, vitamin C dan E, serta antioksidan dan serat untuk mengendalikan tekanan darah dan meningkatkan sistem imunitas.

4. Anggur

Anggur mengandung polifenol untuk melawan radikal bebas dan mencegah sindrom metabolik yang dapat meningkatkan tekanan darah.

5. Delima

Delima merah membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan polifenol dan kaliumnya.

6. Beri

Stroberi dan blueberry mengurangi risiko tekanan darah tinggi karena kandungan antosianinnya.

7. Buah bit

Buah bit menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan nitratnya.

8. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, sawi mengandung kalium dan kalsium untuk menurunkan tekanan darah.

9. Yoghurt

Yogurt kaya kalsium dan probiotik untuk kesehatan jantung dan penurunan tekanan darah.

Saat mengonsumsi pisang dan buah-buahan lainnya, hindari asupan kalium yang berlebihan (hiperkalemia) khususnya bagi orang dengan gangguan ginjal. Terlalu banyak kalium dapat menyebabkan aritmia dan ventrikel fibrilasi yang berbahaya.

About The Author

12 Makanan yang Tidak Bikin Gemuk di Malam Hari – Tips Diet

Penyakit Graves: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, Pencegahan, dll