Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sarapan Nasi Kemarin, Apakah Berbahaya Bagi Kesehatan?

Myles Bannister

Dampak Sarapan dengan Nasi Sisa Kemarin

Pakar kesehatan dr. Ari Fahrial Syam mengatakan nasi kemarin yang dipanaskan ulang mungkin tidak sebaiknya dikonsumsi saat sarapan. Pemanasan ulang dapat meningkatkan kalori dan kolesterolnya, terutama jika diolah menjadi nasi goreng.

Juga, kita mungkin tidak menyadari jika sebagian nasi sudah basi atau tidak layak dikonsumsi. Mengonsumsi nasi yang sudah basi bisa menyebabkan keracunan makanan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nasi dapat dengan mudah diuji untuk mengetahui apakah masih layak dikonsumsi atau tidak. Cukup dengan memperhatikan aroma, tekstur, dan warnanya, kita dapat mengetahuinya karena akan berbeda dengan nasi yang baru dimasak.

Jika kita mengonsumsi nasi kemarin, kita mungkin akan mengonsumsi bakteri bacillus ereus yang dapat berkembang dengan cepat, terutama jika nasi dibiarkan terbuka di suhu ruangan sebelum dipanaskan kembali. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan.

Ahli kesehatan menyarankan agar nasi sisa hanya dibiarkan di suhu ruangan selama 1 jam sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Kemudian, bisa dipanaskan kembali menggunakan dandang hanya satu kali.

Lebih Baik Menghabiskan Nasi yang Dimasak Sekali

Ahli kesehatan dari National Health Services (NHS) Inggris mengatakan bahwa nasi yang dibiarkan di suhu ruangan dalam waktu lama dapat mengandung bakteri bacillus ereus yang dapat menyebabkan muntah-muntah dan diare. Gejala ini biasanya terjadi dalam waktu 1 hingga 5 jam setelah mengonsumsi nasi terkontaminasi tersebut.

Semakin lama nasi dibiarkan di suhu ruangan, semakin besar kemungkinan terpapar bakteri. Oleh karena itu, kita harus pandai menyimpan dan menghangatkannya jika diperlukan.

NHS menyarankan agar nasi yang dimasak hanya dihabiskan sekali. Jika tetap ada sisa nasi, segera simpan di lemari es dan tutup rapat sebelum dipanaskan kembali. Pastikan bahwa nasi masih dalam kondisi baik sebelum dipanaskan atau dikonsumsi kembali.

Nasi Sisa Kemarin Cocok untuk Penderita Diabetes?

Banyak orang beranggapan bahwa nasi sisa kemarin cocok untuk penderita diabetes karena memiliki kadar gula darah yang lebih rendah, namun hal ini hanya mitos.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa nasi sisa kemarin aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, nasi sisa kemarin memang tidak selezat nasi yang masih baru, terutama jika sudah dingin. Ini dapat membantu penderita diabetes dalam mengatur porsi makan agar tidak berlebihan.

Penderita diabetes sebaiknya mengatur porsi makan dengan tepat sesuai dengan kondisi kesehatannya untuk menjaga kadar gula darah dan mencegah komplikasi.

About The Author

Dengue Shock Syndrome: Gejala, Penyebab, Pengobatan, Pencegahan, dll

Alasan Mengapa Sebaiknya Mulai Memilih Roti Gandum