Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Myles Bannister

Daun Pandan Bisa Mengatasi Penyakit Asam Urat?

Benarkah daun pandan bisa mengatasi asam urat?

Pakar kesehatan menyebut asam urat sebagai penyakit yang menyerang persendian. Penyebab masalah ini adalah menumpuknya zat asam urat menjadi kristal yang memicu peradangan pada sendi tubuh. Zat asam urat ini semakin menumpuk jika kita mengonsumsi makanan berpurin berlebihan seperti makanan laut dan jeroan.

Jika kita mengalami gejala asam urat, persendian bisa membengkak, kemerahan, terasa panas, dan mengalami nyeri. Gejala ini bisa berlangsung berhari-hari sehingga membuat penderitanya tidak dapat melakukan aktivitas normal.

Berdasarkan situs stethnews, daun pandan memiliki kandungan tanin dan minyak esensial yang dapat mengatasi peradangan. Mengonsumsinya dapat mengatasi peradangan pada persendian yang dipicu oleh asam urat.

Cara menggunakan daun pandan untuk mengatasi masalah ini bisa dengan meminum air rebusannya atau menjadikannya sebagai obat oles.

Berbagai manfaat lain daun pandan bagi kesehatan tubuh

Selain membantu mengatasi gejala asam urat, daun pandan juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan tersebut.

Bisa membantu menurunkan kadar gula darah

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Pharmacognosy Magazine, ekstrak daun pandan dapat menurunkan kadar gula darah dengan efektif. Kandungan di dalamnya juga dapat meningkatkan produksi hormon insulin di dalam pankreas, membantu mengendalikan kadar gula darah dan mencegah diabetes.

Bisa mencegah kanker

Penelitian pada 2014 menunjukkan bahwa ekstrak akar dan daun pandan dapat mencegah atau menghentikan perkembangan sel-sel kanker. Daun pandan juga memiliki potensi sebagai bagian obat-obatan atau terapi kanker di masa depan.

Bisa membantu proses detoksifikasi tubuh

Teh daun pandan dapat menetralisir racun pada keracunan makanan. Rutin mengonsumsinya juga membantu proses detoksifikasi alami di hati. Daun pandan juga memiliki efek pencahar ringan, membantu buang air besar dan membersihkan usus.

Bisa membantu mengatasi rematik

Daun pandan direbus dengan minyak kelapa dan dijadikan obat gosok untuk mengatasi rematik.

Bisa membantu mengatasi berbagai rasa nyeri

Daun pandan memiliki sifat analgesik atau pereda nyeri. Mengonsumsi teh pandan secara rutin dapat mengatasi kram perut, sakit kepala, dan radang sendi.

About The Author

Sertraline: Manfaat, Dosis, Efek Samping, Aturan Pakai, dll

12 Makanan Bebas Gluten (Penderita Celiac Wajib Tahu)