Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

12 Buah Antioksidan Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

Myles Bannister

Ada banyak buah antioksidan tinggi yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Buah-buahan ini juga kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lain untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketahui apa saja buah tinggi antioksidan dan manfaatnya.

Buah Antioksidan Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

Antioksidan adalah senyawa penting untuk memperbaiki kerusakan sel dan melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul berbahaya yang merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, penyakit neurodegeneratif, dan masalah jantung.

Antioksidan dapat diperoleh dari makanan yang berwarna kuning, biru, merah, atau oranye seperti sayuran, sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, herbal, dan buah. Ketahui buah-buah yang mengandung antioksidan dalam pembahasan ini.

1. Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan antosianin. Setiap 100 gram stroberi mengandung sekitar 5,4 mmol antioksidan.

Stroberi membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan risiko penyakit jantung. Stroberi juga mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan nutrisi lainnya.

2. Blackberry

Blackberry kaya akan vitamin C yang juga berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Vitamin C membantu produksi kolagen, jaringan ikat, dan pembuluh darah.

Vitamin C juga melawan stres oksidatif dalam tubuh, yang dapat menyebabkan radikal bebas dan penyakit kronis.

3. Apel

Apel mengandung phytochemicals tinggi seperti quercetin, catechin, phloridzin, dan asam klorogenik. Semua phytochemicals ini merupakan jenis antioksidan tinggi yang melawan radikal bebas penyebab kanker.

4. Ceri

Ceri merah mengandung antioksidan antosianin. Antioksidan ini membantu memperbaiki kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ceri juga kaya akan vitamin C dan pigmen karotenoid.

5. Plum

Plum melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Plum juga mengandung antioksidan polifenol yang menjaga kesehatan tulang, jantung, serta mengurangi risiko diabetes.

6. Cranberry

Sebagian besar jenis buah bari, termasuk cranberry, kaya akan antioksidan. Cranberry mengandung antioksidan, vitamin C, potassium, dan vitamin penting lainnya. Antioksidan ini melawan kanker, menjaga kadar kolesterol, dan memelihara kesehatan sel.

7. Bluberi

Bluberi adalah buah antioksidan yang segar dengan kandungan antioksidan sekitar 9,2 mmol per 100 gram buah. Antioksidan dalam bluberi membantu mengurangi risiko penurunan fungsi otak, penyakit jantung, peradangan, dan radikal bebas.

8. Goji Berries

Goji berry mengandung antioksidan unik bernama Lycium barbarum polysaccharides, yang membantu melawan penuaan kulit. Orang yang mengonsumsi goji berry memiliki kadar antioksidan meningkat 57%.

9. Raspberry

Raspberry kaya akan vitamin C, serat, mangan, dan antioksidan. Setiap 100 gram raspberry mengandung sekitar 4 mmol antioksidan. Antioksidan pada raspberry memiliki potensi untuk mengatasi berbagai jenis kanker.

10. Anggur

Semua jenis anggur, baik ungu, merah, atau biru, mengandung antioksidan anthocyanin dan proanthocyanidin. Anggur juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11. Jeruk

Jeruk mengandung banyak komponen tanaman yang berperan sebagai antioksidan, termasuk fenolik, hesperidin, antosianin, karotenoid, beta-cryptoxanthin, likopen, dan asam sitrat. Semua komponen ini memberikan manfaat dari menjaga sistem kekebalan tubuh hingga melawan flu.

12. Buah Prune

Prune adalah buah plum yang dikeringkan. Buah kering memiliki rasio antioksidan yang lebih tinggi daripada buah segar. Prune juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya.

Disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan ini atau makanan lain yang tinggi antioksidan dan nutrisi seimbang untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Referensi

  1. Arnarson, Atli, PhD. 2019. Oranges 101: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/foods/oranges. (Diakses pada 4 Agustus 2020).
  2. Elliott, Brianna, RD. 2017. 7 Health Benefits of Plums and Prunes. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-plums-prunes. (Diakses pada 4 Agustus 2020).
  3. Kubala, Jillian, MS, RD. 2019. 7 Impressive Health Benefits of Cherries. https://www.healthline.com/nutrition/cherries-benefits. (Diakses pada 4 Agustus 2020).
  4. Magee, Elaine, MPH, RD. 2010. 10 Nutrient-Rich Super Foods. https://www.webmd.com/food-recipes/features/10-super-foods#1. (Diakses pada 4 Agustus 2020).
  5. Raman, Ryan, MS, RD. 2018. 12 Healthy Foods High in Antioxidants. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-antioxidants#section1. (Diakses pada 4 Agustus 2020).
  6. Reader Digest. 2020. 20 Antioxidant-Rich Fruits and Vegetables You Should Be Eating. https://www.readersdigest.ca/food/healthy-food/antioxidant-rich-fruits-vegetables-eating/. (Diakses pada 4 Agustus 2020).
  7. Stanton, Meredith. 2006. Cranberries: Rich in Antioxidants. https://www.webmd.com/diet/features/anatomy-of-a-cranberry. (Diakses pada 4 Agustus 2020).
  8. Reilly, Christopher. 2020. Top 20 Foods High In Antioxidants. https://www.stjohns.health/documents/content/top-20-foods-high-in-antioxidants.pdf. (Diakses pada 4 Agustus 2020).

About The Author

Manfaat Sahur bagi Kesehatan (No. 4 Tak Terduga)

Manfaat Biji Rami (Flaxseed) untuk Kesehatan Ibu Hamil