Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Daun Pandan Bisa Atasi Asam Urat?

Myles Bannister

Manfaat daun pandan bagi asam urat

Daun pandan dikenal dalam kuliner sebagai pewarna, penambah rasa, atau aroma makanan. Namun, daun tersebut juga diketahui memiliki kemampuan untuk mengatasi asam urat. Menurut pakar kesehatan, daun pandan mengandung tanin dan minyak esensial yang berkhasiat dalam mengatasi peradangan yang terkait dengan serangan asam urat.

Air rebusan daun pandan diketahui memberikan manfaat meredakan masalah asam urat. Selain itu, daun pandan juga dapat digunakan sebagai obat oles pada persendian yang mengalami gejala serangan asam urat.

Perlu diketahui bahwa belum ada penelitian yang membuktikan secara langsung bahwa daun pandan bisa digunakan untuk mengatasi serangan asam urat. Mengonsumsinya sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Manfaat lain dari daun pandan

Kandungan tanin, glikosida, dan alkaloid dalam daun pandan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat lain dari daun pandan.

Menurunkan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pandan dapat menurunkan kadar gula darah dengan signifikan. Mengonsumsi teh dari ekstrak daun pandan secara rutin juga dapat meningkatkan produksi insulin dalam sel pankreas, sehingga membantu mencegah diabetes.

Menetralisir racun dalam tubuh

Daun pandan dapat membantu mengatasi keracunan makanan dan juga berfungsi sebagai pencahar untuk masalah sembelit.

Meningkatkan kesehatan saraf

Mengonsumsi air rebusan daun pandan dua kali sehari dapat membantu menyehatkan fungsi saraf. Untuk membuat air rebusan ini, rebus tiga lembar daun pandan dengan tiga gelas air.

Mengatasi sensasi nyeri

Air rebusan atau teh daun pandan dapat digunakan untuk mengatasi nyeri tubuh seperti sakit kepala, kram perut, atau arthritis. Kandungan analgesik dalam daun pandan dapat mengurangi nyeri tersebut. Air rebusan daun pandan juga dapat digunakan sebagai minyak gosok untuk mengatasi nyeri pada penderita rematik.

Mencegah kanker

Daun pandan mengandung senyawa yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Meredakan stres

Aroma daun pandan memiliki efek menenangkan pikiran. Minum teh hangat daun pandan dapat membantu mengatasi stres.

About The Author

Lisinopril: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Kombiglyze XR: Fungsi, Efek Samping, Dosis, Cara Pakai, dll