Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Dampak Terlalu Sering Ngemil Biskuit

Myles Bannister

Bahaya ngemil biskuit

Pakar kesehatan menyebut biskuit sebagai makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalorinya yang sangat tinggi. Tak hanya membuat berat badan naik, hal ini juga bisa membuat kadar gula darah naik sehingga bisa membahayakan kondisi diabetes.

Biskuit biasanya terbuat dari tepung halus dan rendah serat. Selain itu, kandungan gulanya cukup tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat tubuh mengalami penumpukan lemak. Biskuit juga biasanya memiliki kandungan lemak terhidrogenasi meskipun di dalam kemasannya tertulis tidak memiliki kandungan lemak.

Bisa menyebabkan alergi gluten

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sering mengonsumsi biskuit yang memiliki kandungan gluten cukup tinggi bisa meningkatkan risiko terkena alergi gluten. Sering mengonsumsi biskuit juga bisa menyebabkan sembelit atau gangguan pencernaan. Terlalu sering mengonsumsi biskuit juga bisa membuat anak-anak lebih rentan terkena masalah gigi dikarenakan kandungan gulanya yang cukup tinggi.

Waktu yang berbahaya untuk ngemil

Meskipun manusia suka ngemil, tidak berarti kita harus menuruti keinginan tersebut. Ngemil yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit.

Ketika kita sedang stres karena pekerjaan atau masalah lainnya, kita sering kali ingin mengompensasinya dengan mengonsumsi camilan enak seperti cokelat, biskuit, kue, atau es krim. Meskipun makanan-makanan ini memuaskan, namun terlalu sering mengonsumsinya dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Jika ingin mengonsumsi camilan, disarankan untuk tidak melakukannya secara terlalu sering dan membatasi porsi. Kita juga sebaiknya menghindari ngemil dalam situasi berikut ini.

Minggu malam

Minggu malam atau malam sebelum hari Senin merupakan waktu yang kurang tepat untuk ngemil. Banyak orang yang sengaja ngemil di waktu ini karena ingin merasa tenang sebelum disibukkan dengan pekerjaan dan masalah keesokan harinya. Padahal, hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Akhir pekan

Meskipun libur akhir pekan membuat kita lebih santai karena tidak terbebani dengan pekerjaan, bukan berarti kita bisa sembarangan makan di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Terlalu banyak ngemil di akhir pekan dapat menyebabkan risiko obesitas atau diabetes meningkat.

Jangan ngemil akibat tidak sarapan

Sarapan sangat penting untuk kesehatan. Jika kita melewatkannya, maka kita cenderung mengonsumsi camilan yang tidak sehat. Meskipun sudah mengonsumsi camilan dalam jumlah banyak, kita akan tetap merasa lapar. Hal ini akan berdampak pada kenaikan berat badan atau risiko diabetes.

Jangan ngemil setelah makan malam

Mengonsumsi makanan di malam hari atau menjelang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan, masalah tidur, dan masalah kesehatan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat saat makan malam sehingga kita merasa kenyang lebih lama dan tidak tergoda untuk ngemil.

Mengonsumsi makanan di malam hari atau menjelang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan, masalah tidur, dan masalah kesehatan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat saat makan malam sehingga kita merasa kenyang lebih lama dan tidak tergoda untuk ngemil.

About The Author

Menopause Dini: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Sperma Keluar Lagi dari Vagina Setelah Bercinta, Apakah Bisa Hamil?