Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

12 Buah Penurun Panas Efektif untuk Mengatasi Demam

Myles Bannister

Suhu tubuh yang panas tidak harus diatasi dengan obat-obatan kimia. Beberapa buah penurun panas bisa mengatasi demam secara alami tanpa efek samping. Simak informasi berikut tentang buah penurun panas.

Buah Penurun Panas untuk Mengatasi Demam

Banyak orang telah membuktikan bahwa makanan, termasuk buah-buahan, bisa menjadi obat. Salah satu kondisi medis yang bisa diobati dengan mengonsumsi buah adalah demam. Ada beberapa buah penurun panas yang bisa menjadi solusi bagi demam. Berikut ini adalah beberapa buah penurun panas untuk mengatasi demam:

1. Jeruk

Jeruk adalah buah penurun panas yang bisa digunakan untuk mengatasi demam. Jeruk sunkist atau jeruk sitrun alias lemon bisa menurunkan suhu tubuh yang panas. Kandungan flavonoid dalam jeruk dapat membantu metabolisme tubuh untuk menurunkan suhu tubuh. Sebaiknya mengonsumsi buah jeruk secara langsung atau dalam bentuk minuman jeruk yang telah diperas.

2. Pisang

Pisang adalah buah penurun panas. Pisang kaya akan potasium dan kalori, yang memberikan energi yang cukup bagi orang dengan suhu tubuh tinggi. Mengonsumsi pisang secara langsung atau dalam bentuk minuman teh herbal dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

3. Anggur

Anggur memiliki kandungan zat-zat gizi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi anggur secara langsung, dalam bentuk jus, atau kismis dapat menurunkan panas tubuh.

4. Delima

Delima mengandung zat-zat antibakteri dan antivirus yang bisa mengatasi infeksi di dalam tubuh. Selain itu, kandungan flavonoid pada delima juga dapat menurunkan panas tubuh. Mengonsumsi buah delima dalam bentuk jus dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

5. Air Kelapa

Air kelapa dapat menurunkan panas dengan menjaga tubuh terhidrasi. Mengonsumsi air kelapa akan meningkatkan produksi keringat dan air seni, sehingga panas dari tubuh dapat keluar melalui keringat dan air seni.

6. Apel

Apel memiliki kandungan zat gizi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C dan vitamin B serta flavonoid di dalam apel membantu mengobati demam. Mengonsumsi apel secara langsung, dalam bentuk jus, atau cuka sari apel dapat menurunkan panas dengan efektif.

7. Aneka Beri

Aneka buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan cranberry mengandung antosianin yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah beri dapat merangsang respons imunitas tubuh untuk menurunkan panas.

8. Semangka

Buah semangka mengandung banyak air yang dapat mengurangi suhu tubuh yang tinggi dan membantu proses metabolisme tubuh. Mengonsumsi buah semangka secara langsung atau dalam bentuk jus dapat menurunkan panas dengan cepat.

9. Melon

Buah melon mengandung banyak air yang dapat menurunkan suhu tubuh. Mengonsumsi buah melon dalam berbagai bentuk dapat menurunkan panas dengan efektif.

10. Alpukat

Alpukat mengandung lemak nabati sehat yang memiliki sifat antiinflamasi. Mengonsumsi alpukat dapat meredakan peradangan yang sering kali menjadi penyebab demam.

11. Pomelo

Pomelo atau jeruk bali mengandung banyak vitamin C yang meningkatkan produksi sel darah putih. Produksi sel darah putih yang meningkat membantu melawan penyebab demam.

12. Mentimun

Mentimun mengandung banyak zat dan air yang dapat menurunkan suhu tubuh secara efektif.

About The Author

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

6 Penyakit yang Bisa Menyerang Orang Kurus