Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Dampak Sering Keramas di Malam Hari

Myles Bannister

Dampak Keramas di Malam Hari

Sally-Ann Travers dari Consultant Trichologist, The Cotswol Trichology Center and Theradome menjelaskan bahwa keramas yang sering dilakukan di malam hari dapat merusak kondisi rambut. Risiko kerusakan rambut menjadi lebih tinggi karena rambut cenderung menjadi lebih kusut setelah keramas akibat terangkatnya kutikula rambut.

Rambut yang basah dan tidak dikeringkan juga berisiko bagi pertumbuhan dan perkembangan jamur. Jika hal ini terjadi, kulit kepala dapat mengalami masalah ketombe. Jika kita tidur dengan kondisi rambut yang sudah basah dan jamur sudah mulai tumbuh, bisa menyebabkan masalah pernapasan, alergi, dan masalah rhinitis.

Lalu, apakah sebaiknya kita tidak keramas di malam hari? Travers mengatakan bahwa boleh-boleh saja melakukannya, tetapi pastikan rambut sudah kering sebelum tidur agar kondisinya tetap terjaga.

Penyebab Kerusakan Rambut

Pakar kesehatan juga menyebut ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Berikut adalah beberapa penyebab kerusakan rambut tersebut.

Tidur dengan Rambut Basah

Mandi dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Jika kita tidur dengan rambut masih basah, bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Gesekan antara rambut basah dengan sarung bantal dapat membuat kutikula rambut terangkat dan membuat rambut menjadi kasar, kering, dan kehilangan nutrisi. Selain itu, rambut juga menjadi kusut, sulit disisir, dan berminyak.

Menyisir Rambut Basah

Meskipun rambut lebih mudah diatur saat masih basah, kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan rambut. Rambut dalam keadaan basah lebih rentan terhadap kerontokan. Oleh karena itu, lebih baik mengeringkan rambut sebelum menyisirnya.

Tidak Menggunakan Pelembap Rambut

Jika memiliki rambut yang cenderung kering, sebaiknya gunakan produk pelembap rambut seperti kondisioner atau minyak kelapa untuk menjaga kondisi rambut. Penggunaan pelembap rambut ini dapat dilakukan di malam hari sebelum tidur.

Tidak Menyisir Rambut

Meskipun rambut mudah diatur atau pendek, disarankan untuk tetap menyisir rambut karena menyisir rambut dapat merangsang produksi minyak alami pada rambut dan mencegah rambut menjadi kering.

Memakai Ikat Rambut yang Terlalu Kencang

Memakai ikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan kerontokan. Jika kita tetap memakai ikat rambut saat tidur, rambut bisa lebih mudah rusak dan rontok.

Sumber:

  1. 2019. Here is why you need to rethink your decision to wash your hair at night. timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/here-is-why-you-need-to-rethink-your-decision-to-wash-your-hair-at-night/photostory/71203372.cms. (Diakses pada 20 September 2019).

About The Author

Bentuk Wajah Seperti Ini Memiliki Gairah Seksual yang Tinggi

10 Obat Batuk Kering Alami dan Penyebabnya