Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sakit Pinggang Sebelah Kiri: Penyebab dan Obat

Myles Bannister

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan ringan hingga serius. Berikut ini adalah penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu diketahui.

1. Otot Tegang

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri pertama adalah otot tegang. Otot yang tegang dapat menyebabkan robeknya serat otot dan menimbulkan peradangan yang menyebabkan nyeri atau sakit. Otot lumbar adalah salah satu otot yang sering tegang dan menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri.

2. Batu Ginjal

Pinggang kiri sakit juga dapat disebabkan oleh batu ginjal. Batu ginjal adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kandungan kimia dalam urine seperti kalsium, asam urat, dan struvite. Adanya batu ginjal dapat menyebabkan nyeri pada pinggang, terutama jika batu ginjal terdapat di ginjal sebelah kiri.

3. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal juga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri jika ginjal yang terinfeksi adalah ginjal sebelah kiri. Infeksi ginjal umumnya ditandai dengan nyeri di area kandung kemih yang menjalar ke bagian pinggang. Infeksi ginjal dapat menimbulkan demam, mual, muntah, dan anyang-anyangan.

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS adalah kondisi di mana usus mengalami iritasi akibat kontraksi yang tidak teratur. IBS dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri, perut kembung, nyeri perut, dan sakit kepala.

5. Gangguan Sistem Reproduksi

Gangguan pada sistem reproduksi seperti endometriosis dan fibroid juga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan uterus muncul di luar rahim, sedangkan fibroid disebabkan oleh pertumbuhan jaringan abnormal di dalam rahim. Keduanya dapat menyebabkan nyeri pada pinggang.

6. Radang Sendi Panggul (Sacroilitis)

Radang pada sendi panggul juga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Sacroilitis adalah gangguan kesehatan pada sendi panggul akibat kerusakan jaringan penyambung antar tulang di area panggul. Radang sendi panggul dapat menyebabkan nyeri pada pinggang sebelah kiri dan kanan.

7. Stenosis Spinal

Stenosis spinal adalah penyakit pinggang yang disebabkan oleh penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tekanan pada saraf di tulang belakang. Stenosis spinal ditandai dengan sakit pinggang kiri, kram, kebas, dan tubuh terasa lemas.

8. Skiatika

Skiatika adalah kondisi di mana saraf tulang belakang dan tungkai mengalami tekanan akibat pergeseran bantalan saraf atau kerusakan pada tulang punggung. Skiatika ditandai dengan sakit pinggang kiri, kesemutan, dan nyeri pada tungkai dan kaki.

9. Cedera

Rusaknya otot di area pinggang sebelah kiri dapat disebabkan oleh cedera akibat jatuh atau terkena benda tumpul. Cedera ini umumnya tidak serius, namun penanganan medis perlu dilakukan untuk mencegah kondisi menjadi lebih parah.

Obat Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Berikut adalah obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri.

1. Anti-nyeri

Mengonsumsi obat anti-nyeri seperti NSAID, ibuprofen, dan natrium naproksen dapat meredakan sakit pinggang sebelah kiri. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai resep dokter atau aturan pakai yang tertera di kemasan.

2. Obat Topikal

Pada kasus yang tidak terlalu parah, balsam dan koyo topikal dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang sebelah kiri. Oleskan atau tempelkan secara rutin di area yang sakit.

3. Obat Relaksan Otot

Jika nyeri tidak berkurang setelah menggunakan obat pereda nyeri, dokter mungkin akan meresepkan obat relaksan otot. Obat ini membantu mengendurkan otot yang tegang. Contoh obat relaksan otot adalah baclofen, eperison, dan cyclobenzaprine.

4. Anti-depresan

Obat anti-depresan juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri pinggang sebelah kiri. Obat ini mengubah senyawa kimia dalam tubuh sehingga rasa sakit dapat hilang.

5. Opioid

Jika nyeri sangat parah, opioid dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri secara akut. Namun, penggunaan obat ini harus dengan resep dokter dan dengan pengawasan yang tepat.

Selain obat-obatan kimia, sakit pinggang sebelah kiri juga dapat diobati dengan obat-obatan herbal seperti kunyit, jahe, dan capsaicin (senyawa kimia pada cabai).

Jika sakit pinggang tidak membaik atau semakin parah, segera periksakan diri ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat!

About The Author

12 Tips Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil, Penting untuk Diketahui

Hidrosefalus Tekanan Normal: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll