Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Dahsyatnya Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh

Myles Bannister

Baca terus untuk mengetahui gerakan salat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Manfaat dari setiap gerakan salat bisa dilihat di bawah ini.

Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan tubuh

Dalam satu hari, kita melaksanakan shalat wajib 5 waktu yang totalnya 17 rakaat. Setiap rakaat salat terdiri dari beberapa gerakan dan setiap gerakan salat memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh.

Ingin tahu manfaat gerakan sholat? Silahkan baca penjelasannya di bawah ini:

1. Manfaat gerakan takbiratul ihram

Gerakan takbiratul ihram memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis. Takbir “Allahu Akbar” bisa melapangkan sistem pernapasan, mengontrol denyut jantung, dan melebarkan rongga dada.

Pada saat gerakan takbiratul ihram, otot diafragma juga akan terlatih. Hal ini berdampak positif terhadap fungsi-fungsi fisiologis tubuh seperti fungsi otak, otot, organ tubuh, dan bagian tubuh lainnya.

2. Manfaat gerakan berdiri dalam shalat

Pada saat berdiri di dalam shalat, telapak kaki menjadi tumpuan berat badan. Ini bisa merangsang titik-titik akupuntur pada telapak kaki dan membuat kompaksitas susunan tulang-tulang penyangga tubuh menjadi rata.

Manfaat gerakan berdiri dalam shalat juga bisa menurunkan risiko patah tulang dan melatih postur tubuh yang tegap dan lurus.

3. Manfaat gerakan rukuk

Gerakan rukuk yang sempurna bisa mengurangi kompresi antar ruas tulang belakang, merelaksasi otot-otot punggung yang tegang, dan mengurangi tarikan pada tulang belakang bagian tengah punggung.

4. Manfaat gerakan i’tidal

Gerakan i’tidal adalah gabungan antara manfaat gerakan takbiratul ihram dan gerakan berdiri di dalam salat.

5. Manfaat gerakan sujud

Gerakan sujud bisa mempermudah aliran darah yang kaya oksigen ke otak, membuat ruas-ruas tulang belakang menjadi teratur dan lurus, serta membuat otot-otot punggung berelaksasi.

6. Manfaat gerakan duduk dalam sholat

Duduk di dalam shalat bisa meningkatkan debit aliran darah ke otak dan organ-organ dalam lainnya, membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis, dan membuat sendi di tungkai, kaki, dan jari jemari menjadi lentur, aktif, dan tidak kaku.

7. Manfaat gerakan salam

Gerakan salam bisa menjaga bagian-bagian vital di leher, membuat leher menjadi lebih lentur, dan menguatkan otot-otot dan seluruh bagian leher.

Sumber:

  1. dr Sagiran, M.Kes, Sp.B. 2012. Mukjizat Gerakan Shalat. Jakarta: QultumMedia

About The Author

Pentingnya untuk Tubuh, Fungsi Kelenjar Eksokrin dan Endokrin

13 Obat untuk Mengatasi Diare, dari yang Alami hingga Medis