Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Myles Bannister

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Prostat, Pria Wajib Tahu

Kelenjar prostat memiliki peranan penting bagi pria. Pria perlu menjaga organ ini dengan baik. Salah satu cara yang mudah adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Beragam Makanan untuk Menjaga Kesehatan Prostat

Pada usia yang semakin tua, pria berisiko terkena penyakit prostat seperti infeksi, pembesaran prostat, dan kanker prostat. Penelitian menunjukkan bahwa asupan nutrisi dan gaya hidup sehat dapat mencegah dan mengendalikan gangguan prostat.

Berikut ini adalah daftar makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan kelenjar prostat:

1. Ikan dengan Kandungan Omega-3

Konsumsi ikan berminyak seperti tuna dan salmon bermanfaat untuk mencegah penyakit prostat. Ikan salmon mengandung minyak sehat yang bisa menjaga peredaran darah dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Ikan salmon juga mengandung zat antiinflamasi yang dapat menjaga kelenjar prostat dan mencegah pembengkakan serta munculnya sel kanker.

2. Buah Beri

Buah beri kaya akan senyawa antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu stres oksidatif.

Buah beri juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Oleh karena itu, rutin mengonsumi buah beri seperti blueberry, blackberry, atau raspberry sangat penting.

3. Delima

Delima juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kelenjar prostat. Senyawa antioksidan dalam delima dapat membantu mencegah penyakit yang terkait dengan stres oksidatif.

4. Semangka

Semangka tinggi kandungan vitamin A dan C. Buah ini juga mengandung likopen, senyawa karotenoid yang dapat mencegah berbagai risiko penyakit, termasuk kanker prostat.

Selain itu, semangka juga membantu proses berkemih dan ejakulasi berjalan dengan lancar.

5. Tomat

Tomat dapat menurunkan risiko kerusakan dan memperlambat produksi sel kanker di dalam tubuh. Akan tetapi, likopen pada tomat terletak di kulitnya, sehingga lebih baik jika tomat dimasak atau dihaluskan terlebih dahulu agar senyawa likopen dapat diserap oleh tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tomat dapat menurunkan risiko kanker prostat.

6. Brokoli

Brokoli mengandung mineral, vitamin, dan zat fitokimia yang dapat menurunkan risiko kanker prostat. Zat fitokimia seperti sulforaphane dan glucoraphanin dalam brokoli dapat membantu membunuh sel kanker dan menjaga sel prostat tetap berfungsi dengan baik.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau pistachio mengandung asam lemak yang baik untuk prostat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan gangguan prostat.

Kacang merah juga tinggi nutrisi dan dapat menjaga kesehatan prostat.

Kandungan isoflavon dalam kacang kedelai dapat menurunkan risiko kanker prostat.

8. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol, senyawa alami yang berperan sebagai antioksidan. Mengonsumsi teh hijau dapat membantu menjaga kesehatan prostat. Teh hijau juga dapat digunakan untuk program penurunan berat badan.

Itu dia berbagai makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan prostat. Selain mengonsumsi makanan di atas, tidak lupa untuk rutin berolahraga dan tidak merokok. Semoga informasi ini bermanfaat!

About The Author

9 Cara Menghaluskan Telapak Tangan (Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah)

Mengenal Lebih Jauh Apa itu Bayi Kuning