Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Daun Salam untuk Menurunkan Kolesterol (Disertai Daun Lainnya)

Myles Bannister

Kolesterol tinggi dapat mengancam kesehatan tubuh dan menyebabkan berbagai masalah seperti penyakit jantung dan stroke. Gaya hidup yang tidak sehat, terutama pola makan, seringkali menjadi penyebabnya. Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi ramuan obat kolesterol, salah satunya adalah daun salam.

Manfaat Daun Salam untuk Tubuh

Daun salam yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan ternyata juga memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol. Menurut National Cancer for Biotechnology Information, minum air rebusan daun salam secara rutin selama 30 hari bisa menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh hingga 20-24 persen.

Selain itu, minum air rebusan daun salam juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 29 persen. Daun salam juga kaya akan vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, magnesium, asam caffeic, eugenol, katekin, dan quercetin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bagaimana cara membuat ramuan obat kolesterol dari daun salam? Caranya sangat mudah. Siapkan 10-15 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air. Setelah air tinggal sekitar 1 gelas, matikan api dan saring air rebusan daun salam. Setelah dingin, air ini siap dikonsumsi pada malam hari.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Selain manfaatnya untuk menurunkan kolesterol, daun salam juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengatasi asam urat

Minum air rebusan 10 daun salam dengan 700 cc air hangat dapat membantu mengatasi asam urat.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan berbagai vitamin dalam daun salam, terutama vitamin C, dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Baik untuk diet

Mengonsumsi air rebusan daun salam yang terbuat dari 20-30 helai daun salam dan 4 gelas air secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Mengendalikan tekanan darah

Daun salam mengandung flavonoid yang membantu mengendalikan tekanan darah. Rebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air dan minum secara rutin.

5. Mengatasi batuk

Rebus 2 lembar daun salam dengan segelas air dan gunakan air rebusan ini untuk mengusap dada agar dapat meredakan batuk.

Meskipun manfaat daun salam untuk kolesterol telah dikenal luas, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikannya secara ilmiah. Jika kadar kolesterol Anda sudah sangat tinggi, disarankan untuk segera mengonsumsi obat penurun kolesterol yang diresepkan oleh dokter. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal mengenai dosis obat penurun kolesterol yang tepat.

Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal, juga diperlukan olahraga teratur dan mengurangi konsumsi makanan yang terlalu manis dan asin.

Obat Herbal Penurun Kolesterol

Selain daun salam, ada beberapa jenis daun lain yang dapat digunakan sebagai ramuan herbal penurun kolesterol, antara lain:

1. Daun sirih

Daun sirih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol VLDL. Kandungan eugenol dalam daun sirih membantu menghambat produksi kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid dalam usus.

2. Daun bidara

Daun bidara mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Rebus daun bidara dan minum air rebusannya secara rutin.

3. Daun artichoke

Daun artichoke mengandung serat yang unik dan dapat menghambat penyerapan kolesterol oleh tubuh, sehingga mengurangi produksi kolesterol LDL.

4. Daun sambiloto

Daun sambiloto dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dan total menurut penelitian pada hewan. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

4. Teh hijau

Teh hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Kolesterol HDL dapat mengurangi kolesterol LDL dalam arteri dan mencegah aterosklerosis.

5. Daun seledri

Daun seledri mengandung serat yang dapat mengurangi kelebihan kolesterol dalam usus dan mendorongnya keluar melalui proses eliminasi. Penelitian pada hewan menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menurunkan kadar kolesterol.

Sekarang Anda mengetahui beberapa jenis daun penurun kolesterol yang bisa digunakan sebagai ramuan atau pengobatan herbal di rumah. Selamat mencoba!

About The Author

7 Buah yang Sebaiknya Dihindari Setelah Minum Obat

11 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dimakan saat Hamil