Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sakit Kepala Sebelah Kanan: Penyebab, Jenis, dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami sakit kepala sebelah kanan. Lokasi sakit kepala bisa menjadi titik awal untuk mencari tahu akar permasalahan yang menyebabkan hal tersebut. Simak penjelasan mengenai penyebab, jenis, hingga cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Jaringan otak dan tengkorak tidak bertanggung jawab terhadap kondisi ini karena tidak memiliki saraf. Saraf yang terkait dengan sakit kepala adalah pembuluh darah di kepala dan leher. Masalah di kulit kepala, sinus, gigi, otot, hingga persendian leher dapat menyebabkan sakit kepala.

Berbagai kondisi yang bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan:

1. Faktor Gaya Hidup

Sakit kepala sebelah kanan disebabkan oleh stres, kelelahan, melewatkan waktu makan, masalah otot di leher, hingga penggunaan obat penghilang rasa sakit.

2. Infeksi dan Alergi

Infeksi dan alergi sinus juga dapat menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala akibat infeksi sinus adalah hasil dari peradangan yang mengarah perasaan tertekan dan rasa sakit di balik tulang pipi serta dahi.

3. Penggunaan Obat yang Berlebihan

Penggunaan obat yang berlebihan untuk mengobati sakit kepala sebenarnya dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Sakit kepala biasanya akan muncul ketika Anda bangun dari tidur.

4. Penyebab Neurologis

Gangguan neurologis seperti neuralgia oksipital, arteritis temporal, trigeminal neuralgia, dan kondisi lainnya juga dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan yang lebih serius seperti trauma, aneurisma, hingga tumor.

Nah, itulah berbagai penyebab sakit kepala di sebelah kanan yang harus dikenali. Meski begitu, diagnosis sakit kepala yang tepat hanya dapat dilakukan oleh dokter.

Jenis Sakit Kepala

Terdapat berbagai jenis sakit kepala dengan penyebab dan gejala yang berbeda. Mengetahui jenis sakit kepala yang dialami dapat membantu dokter untuk mendiagnosis penyebabnya.

Jenis sakit kepala:

Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang atau tension adalah jenis sakit kepala paling umum dan terjadi pada sekitar 75 persen orang dewasa. Kondisi ini juga bisa memengaruhi bahu dan leher.

Sakit Kepala Migrain

Migrain dapat terjadi pada satu atau kedua sisi kepala dan ditandai dengan sensitivitas terhadap cahaya, suara, penglihatan menurun, rasa mual, dan muntah.

Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala jenis ini hanya melibatkan satu sisi kepala dan ditandai dengan kegelisahan, mata memerah, hidung beringus di sisi wajah yang sakit, serta nyeri yang menjalar ke wajah, kepala, dan bahu.

Kapan Waktu yang Tepat untuk ke Dokter?

Jika Anda mengalami sakit kepala berulang kali atau mengalami beberapa gejala seperti menurunnya penglihatan, kebingungan, demam, peningkatan rasa sakit saat bergerak, leher kaku, mati rasa, perubahan kognitif, ruam, gangguan tidur, berbicara cadel, atau tubuh melemah, segera konsultasikan dengan dokter.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sakit kepala sering kali dapat diobati dengan perubahan gaya hidup dan perawatan rumahan. Beberapa perawatan rumahan yang dapat membantu mengatasi sakit kepala:

  • Menggunakan kompres hangat atau dingin di bagian belakang leher.
  • Menghindari makanan yang memicu sakit kepala, alkohol, kafein, dan MSG.
  • Mengonsumsi cairan yang cukup.
  • Tidur cukup.
  • Memijat otot-otot tegang di leher dan bahu.
  • Menghindari rangsangan yang berlebihan seperti lampu terang, suara keras, dan bau yang kuat.
  • Hindari membungkuk yang berlebihan.
  • Mandi air hangat.
  • Menjauhkan perangkat elektronik.
  • Melakukan latihan pernapasan dan menggunakan minyak aromaterapi.

Obat sakit kepala seperti acetaminophen, aspirin, caffein, atau ibuprofen dapat digunakan. Jika obat non-resep tidak berhasil, konsultasi dengan dokter mengenai obat resep yang lebih kuat diperlukan.

Referensi

  1. Anonim. What Your Headache Location Tells You. link. (Diakses pada 2 Juni 2020).
  2. Gotter, Ana. 2017. What Causes Headaches on the Right Side?. link. (Diakses pada 2 Juni 2020).
  3. Leonard, Jayne. 2020. What does a right-sided headache mean?. link. (Diakses pada 2 Juni 2020).

About The Author

7 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi