Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat dan Kandungan Biji Matahari

Myles Bannister

Biji bunga matahari adalah makanan yang baik untuk nilai gizi dan kita sering menganggapnya sebagai makanan ringan sehat. Biji bunga matahari adalah sumber minyak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung. Di samping itu, biji bunga matahari juga mengandung nutrisi berharga lainnya.

Kandungan biji bunga matahari sebagian besar adalah lemak tak jenuh. Biji bunga matahari juga mengandung lemak monosaturated yang membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) sambil meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, biji bunga matahari mengandung Vitamin E dan Vitamin B1 (Thiamin), mangan, magnesium, tembaga, selenium, fosfor, vitamin B3 (Niasin), vitamin B5 (Pantothenic), dan folat dengan jumlah yang cukup.

Khasiat Biji Bunga Matahari

1. Sumber vitamin E

Biji bunga matahari merupakan sumber yang baik dari vitamin E yang merupakan antioksidan. Vitamin E melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel dari kerusakan termasuk sel otak. Vitamin E juga mencegah penyakit jantung dengan melawan radikal bebas dan mencegah oksidasi kolesterol. Hal ini menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, vitamin E juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi risiko asma, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan kanker usus besar.

2. Sumber folat

Biji bunga matahari mengandung banyak folat yang merupakan Vitamin B penting untuk produksi sel tubuh baru dengan membantu membentuk DNA dan RNA. Folat dan Vitamin B12 juga membantu dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Selain itu, folat juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan biji bunga matahari juga mengandung seng yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

3. Sumber magnesium

Biji bunga matahari juga mengandung banyak magnesium yang membantu mencegah asma, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah migrain. Magnesium juga mencegah kejang otot dan kontraksi saraf mendadak dengan menghalangi kalsium masuk ke dalam sel-sel saraf dan pembuluh darah.

4. Mengandung serat

Serat dalam biji bunga matahari mengontrol kadar kolesterol dan glukosa darah serta meningkatkan pencernaan yang baik. Biji bunga matahari juga mengandung Tryptophan – asam amino yang membantu produksi serotonin.

5. Sumber selenium

Selenium adalah mineral yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selenium membantu memperbaiki DNA, mengurangi perkembangan sel kanker, dan bekerja dengan Vitamin E untuk mencegah penyakit jantung. Biji bunga matahari kaya akan selenium, membuatnya sangat baik untuk kesehatan kita.

Biji bunga matahari terdapat di bagian tengah bunga matahari yang lebar. Biji ini telah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu dan sering ditambahkan pada berbagai jenis masakan seperti bubur, sup, salad, dan lain-lain. Rasanya enak dan gurih karena mengandung lemak. Biji bunga matahari dianggap sebagai salah satu makanan super karena kaya nutrisi untuk kesehatan.

Manfaat Biji Matahari

1. Anti-inflamasi

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang dapat melawan radikal bebas yang merusak sel, sel otak, dan juga kolesterol. Vitamin E juga mencegah asma, osteoartritis, dan rematik artritis.

2. Kesehatan kulit

Kandungan dalam biji bunga matahari melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan melambatkan proses penuaan, sehingga membuat kulit terlihat cerah.

3. Melawan kanker

Biji bunga matahari kaya akan selenium yang dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak dan mencegah terjadinya kanker. Mengonsumsi 50 gram biji bunga matahari sehari dapat mengurangi risiko kanker prostat, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar.

4. Menguatkan tulang

Magnesium dan kalsium yang terkandung dalam biji bunga matahari membantu menguatkan tulang. Kedua zat ini diperlukan agar tulang dan sendi tetap fleksibel. Selain itu, Vitamin E juga membantu mengurangi penyakit rematik.

5. Mencegah sakit jantung

Vitamin E dalam biji bunga matahari berperan penting bagi kesehatan organ dalam. Vitamin E mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol, yang dapat mencegah penyakit jantung dan serangan stroke.

Vitamin E dalam biji bunga matahari berperan penting bagi kesehatan organ dalam. Vitamin E mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol, yang dapat mencegah penyakit jantung dan serangan stroke.

About The Author

Okinawa Diet, Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Astaxanthin: Manfaat, Dosis, Aturan Pakai, dan Efek Samping