Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sakit Kepala Setelah Menangis? Ini Penjelasannya

Myles Bannister

Menangis dapat menyebabkan sakit kepala karena emosi yang kuat seperti stres dan kecemasan memicu proses di otak yang menyebabkan sakit kepala.

Air mata yang terkait dengan emosi negatif adalah yang memiliki efek ini, sedangkan air mata non-emosional atau positif tidak memiliki efek yang sama.

Apa Itu Migrain dan Sakit Kepala Tegang?

Migrain dan sakit kepala tegang adalah dua jenis sakit kepala yang paling umum:

  • Migrain menyebabkan nyeri yang hebat dan biasanya hanya di satu sisi kepala. Migrain juga dapat disertai dengan gejala seperti mual, muntah, dan kepekaan ekstrem terhadap cahaya dan suara.
  • Sakit kepala tegang menyebabkan rasa sakit dan tekanan yang terasa seperti tali pengikat di sekitar kepala. Leher dan bahu juga mungkin terasa sakit.

Situasi yang memicu kecemasan dan stres adalah pemicu terbesar untuk migrain dan sakit kepala tegang. Menangis bisa menjadi pemicu yang layak untuk dipelajari dan didiskusikan lebih lanjut.

Bagaimana Mencegah Sakit Kepala?

Obat pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen bisa membantu meredakan sakit kepala. Jika gejala lebih parah, obat penghilang rasa sakit yang mengandung acetaminophen atau aspirin dengan kafein dapat digunakan.

Jika Anda mengalami migrain atau sakit kepala tegang yang lebih sering, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat untuk mencegahnya. Pilihan obat termasuk beta-blocker, antidepresan, dan obat anti kejang.

Apa Itu Sakit Kepala Sinus?

Emosi dan sinus Anda saling terkait erat karena keduanya berasal dari peradangan. Masalah sinus meningkatkan risiko depresi.

Gejala masalah sinus meliputi hidung tersumbat, nyeri di wilayah wajah, cairan yang keluar dari hidung, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

Bagaimana Penanganan Sinus?

Obat pereda peradangan di saluran sinus seperti corticosteroids nasal dapat digunakan untuk mengobati masalah sinus. Jika gejalanya parah, operasi mungkin merupakan pilihan.

Apa Itu Sakit Kepala Dehidrasi?

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala karena otak kehilangan cairan dan menyusut. Menangis jarang membuat Anda dehidrasi, tetapi ketika Anda dehidrasi, sakit kepala bisa menjadi lebih buruk.

Tanda-tanda dehidrasi meliputi mulut kering, haus yang berlebihan, jarang buang air kecil, urine berwarna gelap, kebingungan, pusing, dan kelelahan.

Sakit kepala dehidrasi dapat diatasi dengan minum cairan, menghindari obat yang mengandung kafein, dan mengonsumsi obat pereda nyeri.

About The Author

Intubasi Endotrakeal: Prosedur, Manfaat, dan Risikonya

10 Penyebab Gigi Keropos dan Cara Mengatasinya