Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Dada Terasa Sakit Saat Bersin, Berbahayakah?

Myles Bannister

Bersin adalah mekanisme tubuh yang wajar terjadi saat hidung merasa ada benda asing yang memasuki saluran pernapasan. Mekanisme ini bisa membuat benda asing ini keluar dan tidak memberikan dampak buruk bagi tubuh. Hanya saja, terkadang kita merasakan nyeri pada dada saat bersin. Apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan?

Penyebab Dada Terasa Sakit Saat Bersin

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa menyebabkan dada terasa nyeri saat bersin. Berikut adalah beberapa penyebab tersebut.

Terjadi Ketegangan pada Otot

Salah satu hal yang paling sering menyebabkan sensasi nyeri pada dada saat bersin adalah terjadinya nyeri otot. Dalam beberapa kasus, nyeri atau kaku otot bisa terjadi pada otot tulang rusuk. Pakar kesehatan menyebut sekitar 49 persen dari total kasus nyeri pada dada ini disebabkan oleh hal ini. Beruntung, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena biasanya akan mereda dengan sendirinya.

Tegang otot pada dada atau tulang rusuk ini biasanya disebabkan oleh postur tubuh yang tidak benar, kebiasaan mengangkat beban yang terlalu berat, atau cedera pada otot.

Mengalami Pleuritis

Pleuritis adalah masalah peradangan pada pleura, selaput pemisah paru dan dinding dada. Peradangan ini membuat kita merasakan nyeri pada dada saat bersin atau sedang batuk. Sensasi nyeri ini biasanya terasa seperti ditusuk atau bahkan terbakar saat menarik napas. Dalam beberapa kasus, peradangan pleura juga dapat menyebabkan saluran pernapasan terisi cairan yang dapat mengakibatkan infeksi.

Penyebab pleuritis meliputi infeksi bakteri pneumonia, infeksi jamur, penggumpalan darah, kemunculan kanker atau tumor, atau adanya cedera atau luka di dalam dada.

Dipicu oleh Asma

Asma juga bisa menyebabkan gejala batuk-batuk atau bersin. Jika hal ini terjadi, napas yang sudah terasa sesak akan disertai dengan nyeri pada dada. Selain nyeri, pakar kesehatan juga menyebut beberapa gejala lain seperti hidung berair sehingga sering bersin-bersin, hidung tersumbat, sesak napas, gatal pada mata, dan rasa lelah yang terus-menerus.

Dipicu oleh Masalah Heartburn

Masalah heartburn atau refluks asam lambung dapat menyebabkan nyeri terbakar pada dada. Hal ini disebabkan oleh asam lambung yang mencapai kerongkongan atau bahkan mulut. Jika bersin atau batuk, sensasi nyeri dan terbakar ini akan semakin terasa.

Jika kondisi tidak membaik, disarankan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Disebabkan oleh Infeksi Paru

Sensasi nyeri dada saat batuk atau bersin bisa jadi tanda bahwa paru-paru mengalami infeksi. Biasanya, hal ini disertai oleh gejala lain seperti batuk kering atau berdahak, ingus berwarna kekuningan atau kehijauan, pegal-pegal, dan demam.

Dipicu oleh Arthritis

Arthritis atau nyeri sendi berjenis costochondritis dapat menyebabkan nyeri pada penghubung tulang rusuk dan tulang dada. Kondisi ini tidak serius, namun dapat menyebabkan nyeri yang tidak nyaman, termasuk pembengkakan pada dada.

Gejala lain dari costochondritis adalah nyeri tajam atau tekanan di dada kiri, nyeri pada lebih dari satu tulang rusuk, dan semakin parah saat batuk, bersin, atau mengambil napas dalam-dalam.

Sumber

  1. Iftikhar, Noreen. 2019. 11 Causes of Chest Pain When Sneezing. https://www.healthline.com/health/chest-pain-when-sneezing. (Diakses pada 30 Januari 2020).

About The Author

Obat Flucadex: Fungsi, Dosis, Aturan Pakai, Efek Samping, dll

Amenore: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll