Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Rutin Konsumsi Tauge Bisa Bikin Cepat Hamil? Cek Faktanya

Myles Bannister

Tauge adalah jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apakah tauge dapat meningkatkan peluang hamil?

Fakta Seputar Toge untuk Meningkatkan Kesuburan

Tauge mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan.

Makanan yang kaya antioksidan dapat membantu meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Antioksidan bisa mencegah efek negatif radikal bebas pada sel telur dan sperma.

Tauge memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Vitamin E dapat meningkatkan produksi sperma.

Namun, meskipun tauge mengandung vitamin E, jumlah yang dibutuhkan untuk mempercepat pembuahan sangat besar. Mengonsumsi tiga kilogram tauge untuk memenuhi kebutuhan vitamin E tidak mungkin dilakukan.

Penelitian tentang manfaat tauge dalam meningkatkan kesuburan belum memberikan hasil yang spesifik.

Jadi, tidak disarankan bagi pasangan yang belum dikaruniai keturunan untuk mengandalkan konsumsi tauge dalam meningkatkan kesuburan.

Cara Meningkatkan Kesuburan yang Aman

Daripada mengonsumsi tauge secara berlebihan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan:

1. Perbanyak Makanan Bergizi Lengkap dan Seimbang

Konsumsilah makanan bergizi seperti buah, sayur, telur, susu rendah lemak, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari makanan yang dapat mengganggu sistem reproduksi seperti ikan tinggi merkuri, makanan tinggi gula dan lemak jenuh, serta makanan cepat saji.

2. Rutin Olahraga

Olahraga intensitas sedang selama 150 menit setiap minggunya dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mendukung program hamil.

3. Dapatkan Istirahat yang Cukup

Dapatkan tidur malam sekitar 7-9 jam. Buat suasana tenang menjelang tidur, hindari penggunaan alat elektronik, dan tidurlah secara teratur.

4. Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat mengganggu kesuburan pada pria dan wanita. Cari cara yang baik untuk mengelola stres, seperti melakukan hobi, bermeditasi, dan mengonsumsi makanan sehat.

5. Menghindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Menghindari merokok dan minuman beralkohol dapat membantu meningkatkan kesuburan. Batasi asupan kafein harian agar tidak memengaruhi kesuburan.

6. Konsumsi Vitamin Prenatal

Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai jenis vitamin prenatal yang tepat untuk dikonsumsi.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan cara-cara di atas, diharapkan dapat meningkatkan kesuburan. Semoga bermanfaat!

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai mitos tauge yang bisa bikin cepat hamil. Meski mengonsumsinya tidak merugikan kesehatan, sebaiknya jangan mengandalkan tauge sebagai andalan untuk cepat hamil.

Referensi

  1. Anonim. 2021. How to Get Pregnant . https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/how-to-get-pregnant/art-20047611. (Diakses pada 7 Juli 2023).
  2. Anonim. It Is Healthy to Eat Bean Sprout While Couples are Trying to Conceive. https://www.babyment.com/m/nutrition/can-i-eat-food.php?stage=conceive&category=Vegetable&food=Bean%20sprout. (Diakses pada 7 Juli 2023).
  3. De Bellefonds, Colleen. 2022 . Exercise When You’re Trying to Get Pregnant. https://www.whattoexpect.com/getting-pregnant/health-and-wellness/safeguard-your-health/exercise-before-pregnancy.aspx. (Diakses pada 7 Juli 2023).

About The Author

11 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Makanan Tradisional Sehat yang Lezat