Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Myles Bannister

Memilih jenis kelapa hijau yang tepat

Buah kelapa bisa dikonsumsi setelah berusia 6 bulan ke atas atau memasuki bulan ke-8. Jika masih bulan pertama hingga bulan ke-6, kemungkinan besar isi buahnya akan sedikit dan hanya berisi air yang belum terlalu manis. Kandungan lemaknya juga belum ada. Kelapa hijau pada usia ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit dan masalah pencernaan.

Pada usia 8-10 bulan dari bunga yang menjadi buah, daging dari kelapa akan terbentuk dan menebal. Dagingnya masih berbentuk jeli dengan ketebalan tertentu. Air dari kelapa juga mulai manis. Pada usia ini, kelapa hijau cocok untuk dikonsumsi dan diambil dagingnya untuk dibuat jus atau dimakan langsung.

Pada usia 11-12 bulan, air kelapa akan mulai menipis dengan sendirinya dan rasa manisnya tidak begitu besar dibandingkan dengan kelapa yang masih muda. Meski demikian, dagingnya akan mulai menebal, keras, dan mengandung cukup banyak lemak nabati. Kelapa pada fase ini lebih banyak digunakan sebagai santan atau untuk membuat minyak.

Manfaat air kelapa hijau

Air kelapa hijau atau kelapa jenis lainnya memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

Sumber nutrisi yang lengkap

Di dalam air kelapa hijau atau jenis kelapa lainnya mengandung cukup banyak nutrisi yang baik untuk kinerja beberapa organ. Dengan mengonsumsi air kelapa, Anda akan mendapatkan nutrisi berupa karbohidrat dari rasanya yang manis, serat, protein, dan vitamin C yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain yang disebutkan di atas, air kelapa juga mengandung cukup banyak mineral lain yang bermanfaat seperti magnesium, mangan, potasium, sodium, dan kalsium. Dengan kandungan mineral yang cukup banyak ini, fungsi dari organ yang ada di tubuh bisa dimaksimalkan.

Menurunkan risiko diabetes

Dari studi yang dilakukan pada hewan, air kelapa diketahui mampu menurunkan gula darah di dalam tubuh. Penurunan ini cukup signifikan dan bisa membantu mengatasi masalah diabetes tipe 2. Hingga saat ini penelitian pada manusia memang belum ada, tapi ada kemungkinan meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh.

Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah salah satu komponen yang penting bagi tubuh. Tanpa antioksidan yang cukup, radikal bebas akan masuk dengan mudah. Akhirnya tubuh mengalami gangguan seperti infeksi atau bahkan kanker.

Air kelapa, terutama yang masih hijau, mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat. Bahkan, kemampuannya dalam mengatasi gangguan di tubuh ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keracunan makanan hingga alergi. Misalnya, jika Anda alergi terhadap udang, minum air kelapa hijau bisa mengatasi masalah tersebut.

Mencegah terbentuknya batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan sulit diatasi. Efeknya banyak, mulai dari pembengkakan di tubuh hingga nyeri di sekitar pinggang. Cara terbaik untuk mengatasi masalah batu ginjal adalah dengan mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup, termasuk air kelapa.

Jika air kelapa masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang cukup, kemungkinan terbentuknya batu ginjal atau pengendapan akan lebih kecil. Air kelapa akan mempercepat pembuangan sisa penyaluran dan mencegah pengendapan yang lambat.

Menurunkan tekanan darah

Salah satu mineral yang baik untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi adalah potasium. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung potasium seperti pisang dan air kelapa hijau. Jika Anda sudah mengalami masalah dengan tekanan darah, segera minum air kelapa untuk menghindari pusing berlebihan.

Air kelapa lebih baik dikonsumsi dalam kondisi segar. Hindari mengonsumsi air kelapa yang sudah lama atau disimpan di dalam kulkas. Meskipun nutrisinya tetap sama, kemungkinan kerusakan akan lebih besar. Air kelapa kemasan mungkin mengandung potasium, tapi jumlahnya tidak sebanyak yang segar.

Menjaga kesehatan jantung

Masalah pada sistem peredaran darah dan jantung beragam. Salah satu masalah yang umum adalah gangguan pada jantung. Kolesterol jahat yang tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan ini menyebabkan darah tidak bisa mengalir dengan lancar dan meningkatkan risiko gangguan jantung yang serius.

Air kelapa bisa digunakan untuk mengurangi masalah di pembuluh darah. Kadar kolesterol dan trigliserida bisa diturunkan dengan cepat dan mencegah terjadinya penyumbatan.

Cocok untuk mengatasi dehidrasi

Saat sedang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, tubuh akan mengalami penurunan mineral penting. Mineral tersebut akan terbuang bersamaan dengan keringat dan membuat Anda mudah lemas. Jika Anda melakukan latihan lari yang intens atau angkat beban dengan beban yang berat, keringat akan mengalir deras.

Jika tubuh tidak segera mendapatkan asupan air yang bernutrisi dan mengandung elektrolit, dehidrasi bisa terjadi. Oleh karena itu, disarankan untuk segera minum air kelapa atau sumber air lain yang mengandung elektrolit. Satu gelas sudah cukup untuk mengganti cairan dan nutrisi yang hilang bersama keringat.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat dari kelapa hijau, khususnya air yang dihasilkan. Dengan mengetahui beberapa manfaat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa buah ini memiliki banyak manfaat dan bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari atau saat mengalami dehidrasi serta gangguan pencernaan. Apakah Anda sering minum air kelapa hijau?

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat dari kelapa hijau, khususnya air yang dihasilkan. Dengan mengetahui beberapa manfaat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa buah ini memiliki banyak manfaat dan bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari atau saat mengalami dehidrasi serta gangguan pencernaan. Apakah Anda sering minum air kelapa hijau?

About The Author

Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

10 Manfaat Daun Sendok untuk Pengobatan, Efek Samping, dan Lainnya