Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Harus Anda Tahu

Myles Bannister

Sakit perut sebelah kiri dapat menandakan masalah pencernaan. Sakit perut adalah rasa sakit di dalam perut yang terasa kram, pegal, tumpul, atau tajam. Anda harus waspada terhadap gejala penyakit pada perut tersebut. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai penyebab sakit perut sebelah kiri.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Sakit perut sebenarnya memiliki banyak jenis, seperti yang disebabkan oleh gangguan pada usus, lambung, atau sistem pencernaan. Sakit perut sebelah kiri bisa mengindikasikan adanya gangguan pencernaan yang serius. Berikut adalah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri:

1. Batu ginjal

Batu ginjal terjadi ketika ada pengendapan batu kristal mineral di saluran kencing. Sakit perut akibat batu ginjal biasanya terasa di bagian kiri bawah perut dan dapat menyebabkan nyeri perut sebelah kiri. Gejala lainnya termasuk urine berwarna gelap dan nyeri pada kelamin. Infeksi ginjal juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri bawah.

2. Hernia

Hernia adalah keluarnya organ dalam tubuh dari posisi asalnya atau merosot. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri. Beban berat, cairan yang menumpuk di rongga perut, bersin berkepanjangan, kehamilan, konstipasi adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan hernia.

3. Usus Buntu

Usus buntu adalah penyakit yang menyebabkan nyeri pada perut. Rasa nyeri ini biasanya dimulai dari pusar dan bergerak ke bagian kanan bawah perut. Usus buntu parah memerlukan operasi pengangkatan usus buntu (apendektomi) sementara kasus ringan dapat diatasi dengan antibiotik.

4. Divertikulitis

Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi pada divertikula, yaitu kantung-kantung yang terbentuk di dinding usus besar. Rasa sakit perut sebelah kiri biasanya muncul saat bergerak atau setelah makan. Divertikulitis ringan dapat diatasi dengan istirahat, perubahan pola makan, dan antibiotik. Sementara, kasus yang parah memerlukan pembedahan.

5. Penyakit Crohn

Penyakit Crohn adalah penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan di seluruh lapisan dinding sistem pencernaan. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat, melemahkan tubuh, dan bahkan bisa mengancam nyawa. Penyakit Crohn bisa diobati dengan obat anti-inflamasi, antibiotik, imunosupresan, atau melalui operasi jika obat tidak efektif.

6. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang terbentuk di ovarium. Gejala sakit perut sebelah kiri akibat kista ovarium termasuk perdarahan berlebih saat menstruasi, nyeri di tulang panggul, dan kesulitan buang air kecil dan besar. Segera dapatkan penanganan medis jika mengalami sakit perut yang parah tiba-tiba.

7. Endometriosis

Endometriosis terjadi saat lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim. Salah satu gejalanya adalah sakit perut sebelah kiri bawah dan sekitar panggul. Pengobatan untuk sakit perut sebelah kiri yang disebabkan oleh endometriosis meliputi penggunaan obat penghilang rasa sakit, terapi hormon, dan operasi.

8. Gastritis

Gastritis bisa terjadi akibat iritasi pada lapisan lambung. Infeksi bakteri H. pylori, penggunaan obat penghilang rasa sakit tertentu, dan konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab gastritis. Gejalanya meliputi sakit perut sebelah kiri atas yang terasa seperti terbakar, mual, dan perut penuh setelah makan. Pengobatan gastritis meliputi penggunaan antasida, penghambat histamin (H2), proton pump inhibitor (PPI), serta antibiotik dan antiemetik (antimuntah).

9. Angina

Angina adalah nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung. Gejalanya meliputi mual, sakit perut sebelah kiri, ketidaknyamanan pada punggung dan leher, serta nyeri dada. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit perut sebelah kiri akibat angina meliputi penggunaan obat-obatan seperti antagonis kalsium, obat pengencer darah, obat penghambat beta, dan obat nitrat.

10. Radang Usus Besar

Radang usus besar atau Ulcerative Colitis (UC) adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Gejala yang bisa timbul meliputi feses berdarah dan berlendir, sakit perut sebelah kiri, dan diare. Pengobatan radang usus besar meliputi penggunaan obat seperti 5-aminosalicylic acid (5-ASA), corticosteroids, dan obat imunomodulator. Pembedahan juga dilakukan dalam beberapa kasus untuk menghilangkan Ulcerative Colitis.

11. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS adalah gangguan jangka panjang pada sistem pencernaan yang menyerang usus besar. Gejalanya meliputi sakit perut sebelah kiri, kram perut, sering buang gas, dan perasaan kembung. Gangguan ini juga bisa menyebabkan masalah pergerakan usus seperti sembelit dan diare. Penanganan IBS meliputi perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.

Nah, itu dia beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu Anda ketahui. Penting untuk memeriksakan kondisi ke dokter jika nyeri perut sebelah kiri semakin parah atau disertai gejala lain.

Referensi

  1. Davis, Charles P. 2019. Abdominal Pain Causes.
  2. Fletcher, Jenna. 2018. What causes pain in the lower left abdomen?
  3. McGrattan, Juliet. 2019. Lower abdominal pain in women – causes and treatments.

About The Author

Amnesia: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan, dan Pencegahan

7 Vitamin untuk Kulit Sehat