Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat dan Efek Fototerapi untuk Bayi Kuning

Myles Bannister

Daripada khawatir tentang bayi kuning dan efek samping fototerapi, lebih baik pahami lebih lanjut tentang bayi kuning dan fototerapi. Baca terus untuk memahami pengertian, gejala, penyebab bayi kuning, serta manfaat dan efek samping fototerapi.

Pengertian Bayi Kuning

Bayi kuning bukanlah penyakit, tapi kondisi di mana kulit bayi terlihat kuning setelah lahir.

Gejala Bayi Kuning

Gejala utama bayi kuning adalah kulit dan mata bayi yang menguning. Jika kulit bayi memerah ketika ditekan, itu mungkin tanda bayi kuning. Gejala lainnya termasuk kelelahan, tinja pucat, kesulitan menyusu, urin gelap, serta kelelahan dan rewel yang mudah.

Penyebab Bayi Kuning

Penyebab bayi kuning meliputi faktor fisiologis, kesulitan menyusu, zat tertentu dalam ASI, serta ketidakcocokan golongan darah.

Pengobatan Bayi Kuning

Pengobatan bayi kuning tergantung pada penyebabnya. Fototerapi merupakan pengobatan yang umum digunakan untuk bayi kuning dan aman digunakan selama lebih dari 40 tahun.

Apakah Fototerapi Aman untuk Bayi Kuning?

Fototerapi aman digunakan sebagai pengobatan bayi kuning. Sinar biru yang digunakan aman dan tidak berbahaya seperti paparan sinar UV. Fototerapi dihentikan ketika tingkat bilirubin sudah normal.

Pengertian Fototerapi

Fototerapi adalah perawatan untuk menghilangkan bilirubin dalam darah bayi menggunakan cahaya. Gelombang cahaya ini menurunkan kadar bilirubin dalam darah bayi.

Manfaat Fototerapi

Fototerapi efektif menurunkan kadar bilirubin dalam darah, tidak menghasilkan produk pecahan bilirubin yang beracun, mengurangi risiko kerusakan otak, mudah didiagnosis, mempersingkat waktu pengobatan, dan meminimalkan pemisahan bayi dari orang tua.

Efek Samping Fototerapi

Efek samping fototerapi pada bayi kuning termasuk penurunan waktu transit usus, penambahan berat badan yang lambat, ruam pada kulit, perubahan warna urin, dan perubahan warna kulit bayi.

About The Author

Donepezil – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

7 Cara Menghadapi Anak yang Rewel saat Puasa, Orang Tua Wajib Tahu