Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mandi Susu: Manfaat, Risiko, dan Jenis Susu yang Digunakan

Myles Bannister

Pada ulasan ini kita akan membahas tentang mandi menggunakan susu. Kira-kira manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh tubuh dengan mandi menggunakan susu? Lantas apa semua orang bisa mandi dengan susu secara aman? Adalah risiko yang akan terjadi? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak selengkapnya di bawah ini.

Manfaat mandi susu untuk kesehatan kulit

Mandi dengan susu ternyata memiliki cukup banyak manfaat. Kalau Anda melakukan secara reguler, beberapa manfaat di bawah ini bisa didapatkan.

Mengatasi kulit kering

Kalau Anda memiliki kulit tubuh yang cenderung kering dan bersisik, mandi susu sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin. Dengan mandi susu, kulit akan mendapatkan banyak nutrisi seperti protein dan mineral. Setelah mendapatkan bahan ini, kulit akan menjadi lebih lembab.

Oh ya, karena mandi susu ini tidak bisa dilakukan terlalu sering, siasati dengan penggunaan krim dengan bahan susu. Krim atau body lotion akan membuat kulit semakin lembab dan regenerasi berjalan lancar.

Mengatasi eksim

Eksim hampir sama dengan kulit kering. Yang membedakan adalah ada atau tidaknya rasa gatal yang dialami dan kondisinya lebih kronis. Dengan mandi susu, kondisi ini akan sedikit terbantu meski Anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Membantu menangani psoriasis

Tanda psoriasis seperti gatal dan kulit yang kemerahan bisa diatasi dengan mandi menggunakan susu. Cara ini bisa dilakukan sesekali atau sebisa mungkin meminta pendapat dokter sebelum melakukannya. Dengan melakukan ini mandi susu tidak akan memberikan efek samping yang besar pada tubuh.

Mengobati gatal karena tanaman

Pernahkah Anda sedang bermain di sawah atau sedang membersihkan rumput tiba-tiba tangan terasa gatal. Rasa gatal itu biasanya terjadi karena Anda memegang tanaman yang menyuntikkan racun. Akibatnya kulit menjadi gatal dan bentol di beberapa bagian. Mandi dengan susu bisa mengatasi masalah ini dengan cepat.

Mengobati sengatan matahari

Kalau Anda berada di pantai selama berjam-jam untuk berjemur atau mandi, kulit akan secara tidak sengaja mengalami sunburn atau terbakar. Kondisi ini sangat menyakitkan pada beberapa orang dan membuat kulit jadi mudah mengelupas dengan sendirinya.

Setelah mengalami sunburn ada baiknya mandi dengan susu. Susu mengandung protein, lemak, vitamin A, dan asam amino yang baik untuk mengatasi kulit yang terbakar. Setelah berendam di air, usahakan untuk memberikan gel lidah buaya.

Siapa yang boleh mandi susu?

Sebenarnya siapa saja bisa mandi dengan susu. Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit bisa mandi susu sebulan sekali atau dua kali. Lakukan di rumah atau klinik kecantikan agar tahu takaran, waktu, dan langkah pasca mandi.

Pria dan anak-anak juga bisa melakukannya sesekali kecuali mereka juga ingin menjaga kesehatan kulit. Untuk anak-anak, lakukan pengawasan agar susu yang digunakan untuk mandi tidak diminum. Meski susu alami, tetap perlu memperhatikan kebersihan karena terkena keringat dan daki dari tubuh.

Risiko mandi susu

Mandi dengan air susu tentu berbeda dengan mandi menggunakan air biasa yang telah dipanaskan. Meskipun air biasa jarang mengandung partikel berbahaya, menggunakan susu ada kemungkinan partikel dari susu atau minyak esensialnya tidak cocok untuk kulit.

Pada pria, mandi susu mungkin tidak akan memberikan dampak apa-apa karena area alat kelaminnya tidak terbuka. Meski demikian, penting untuk mengikuti rekomendasi berendam maksimal 30 menit agar tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan terkait kesehatan seks dan reproduksi.

Berbeda dengan pria, wanita memiliki risiko jika berendam dalam cairan susu terlalu lama. Jika hanya 20 menit, kemungkinan tidak ada masalah. Namun, jika melebihi waktu itu, bisa timbul masalah pada area vagina seperti infeksi karena banyak zat masuk ke vulva.

Wanita yang sedang hamil disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Dikhawatirkan akan terjadi masalah pada kandungan. Jika mengalami pusing, mual, atau ketidaknyamanan, segera keluar dari bak mandi. Juga, jangan sekali-kali minum air mandi.

Jenis susu yang bisa digunakan untuk mandi susu

Sebelum memutuskan untuk mandi susu, perhatikan jenis susu yang digunakan. Secara umum, susu di bawah ini bisa digunakan.

  • Susu kambing
  • Santan kelapa
  • Susu bubuk tanpa pemanis
  • Susu beras
  • Susu kedelai
  • Buttermilk

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara jenis susu di atas. Penelitian di bidang ini masih sedikit sehingga Anda dapat menggunakan jenis susu yang mudah didapatkan dan nyaman untuk kulit. Jika merasa tidak nyaman setelah mandi, berarti susu tersebut tidak cocok.

Setelah memilih jenis susu yang sesuai, kenali cara penggunaannya. Biasanya, susu yang digunakan harus dicampur dengan beberapa minyak esensial. Setelah itu, campurkan ke bak mandi dan aduk hingga merata. Anda bisa mandi dan berendam selama 20-30 menit untuk mencegah efek samping.

Mandi dengan susu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, beberapa hal perlu diperhatikan agar tidak mengalami masalah seperti mengetahui takaran, jenis susu, dan kondisi kulit. Nah, menurut Anda, apakah mandi susu diperlukan?

Mandi dengan susu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, beberapa hal perlu diperhatikan agar tidak mengalami masalah seperti mengetahui takaran, jenis susu, dan kondisi kulit. Nah, menurut Anda, apakah mandi susu diperlukan?

About The Author

Perbedaan Kelenjar Getah Bening yang Terkena Kanker dan Infeksi

7 Buah Rendah Gula yang Cocok Dikonsumsi Setiap Hari