Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cara Membuat Tubuh Selalu Wangi

Myles Bannister

Masalah bau badan sering disepelekan oleh banyak orang. Mereka beranggapan bahwa asalkan sudah mandi, bau badan akan membaik dengan sendirinya. Padahal setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda. Ada yang mudah berkeringat sehingga bau badan kerap muncul setiap saat. Lantas apa yang bisa dilakukan agar tubuh tetap segar dan wangi setiap saat?

Penyebab Tubuh Jadi Bau

Ada beberapa alasan mengapa tubuh seseorang menjadi lebih bau daripada yang lain. Berikut beberapa alasan yang umum terjadi.

  • Kebiasaan mandi yang berbeda. Ada yang mandi sehari dua kali atau lebih dan ada yang hanya mandi satu kali saja. Mandi adalah cara menghilangkan bau meskipun tidak bertahan lama.
  • Pakaian yang dikenakan. Beberapa orang rutin mengganti pakaian, terutama bagian pakaian dalam, sehari dua kali. Pakaian dalam menyerap banyak keringat dan terkena kotoran, sehingga dapat menyebabkan bau yang kuat.
  • Kondisi tubuh secara keseluruhan. Orang yang obesitas cenderung memiliki aroma tubuh yang lebih kuat dan tidak sedap dibandingkan dengan mereka yang tubuhnya lebih ideal.
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol. Orang yang tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol memiliki bau badan yang lebih segar.
  • Pilihan makanan. Jika pola makan hanya didominasi oleh buah dan sayur dengan sedikit makanan berlemak atau berbau tidak sedap, keringat yang keluar juga tidak akan berbau tidak sedap.
  • Kondisi kulit dan saluran ekskresi. Beberapa orang cenderung memiliki bau badan yang tidak sedap saat berkeringat dibandingkan dengan orang lain.

Tips Menjaga Aroma Tubuh agar Selalu Wangi

Jika Anda sering mengalami bau badan yang sangat kuat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bau badan berlebihan dapat dihindari.

Menggunakan Pewangi yang Tepat

Gunakan parfum dengan benar. Beberapa orang biasanya menyemprotkan parfum langsung ke tubuh dan pakaian. Namun, cara ini membuat parfum cepat hilang. Sebaiknya gunakan parfum yang terkonsentrat dan tahan lebih dari 8 jam.

Para ahli juga menyarankan penggunaan parfum roll-on. Dengan menggunakan ini, parfum akan tepat pada area tubuh yang mudah berkeringat dan menghasilkan bau tidak sedap. Jika diterapkan dengan baik, bau tidak sedap akan sulit muncul.

Menggunakan Pelembab dengan Aroma Tertentu

Gunakan pelembab pada tangan dan kaki. Saat ini, banyak pelembab yang memiliki fungsi ganda. Selain menjaga kulit agar tidak kering dan rusak, pelembab juga dapat menghilangkan aroma tidak sedap. Gunakan pelembab jika memang diperlukan, seperti saat akan bertemu banyak orang.

Mandi dengan Tepat

Setiap hari kita mungkin mandi dan membersihkan diri. Namun, apakah mandi yang kita lakukan sudah benar? Apakah kita sudah mencuci bagian tubuh yang tepat agar bau badan tidak muncul?

Bagian tubuh yang harus dibersihkan adalah di sekitar ketiak, kemaluan, belahan bokong, dan rambut. Jika Anda hanya sekadar mandi tanpa membersihkan area-area ini, akan sangat sulit menjaga tubuh dari bau yang tidak sedap.

Rutin Menggunakan Deodoran

Gunakan deodoran sesuai kebutuhan. Deodoran akan mengurangi keringat berlebih yang muncul dan menyebabkan aroma tidak sedap. Gunakan deodoran yang langsung diaplikasikan ke kulit, bukan dalam bentuk semprotan.

Membuat Rambut Lebih Wangi

Aroma tubuh yang tidak sedap tidak hanya berasal dari kulit dan area ketiak. Rambut yang tidak bersih juga dapat menimbulkan aroma tersebut. Jika Anda merasa memiliki masalah dengan aroma pada rambut, usahakan untuk rutin mencuci rambut. Selain itu, bersihkan juga kulit kepala jika mudah berkeringat.

Usahakan mencuci rambut setiap dua hari untuk menjaga aroma pada bagian kepala tetap segar. Hindari mencuci rambut setiap hari, karena hal ini dapat membuat rambut lembab dan menyebabkan infeksi. Selain itu, mencuci rambut setiap hari juga dapat menyebabkan masalah pernapasan.

Menjaga Aroma Mulut

Aroma mulut juga harus diperhatikan dengan baik. Jika tidak bisa menjaga kesehatan mulut dan terjadi infeksi, aroma tidak sedap akan muncul. Sikat gigi secara rutin, gunakan benang gigi, dan bersihkan lidah agar aroma tidak sedap dapat dihilangkan.

Menggunakan Tawas

Tawas adalah batu yang dapat menetralkan aroma tidak sedap dan mencegah aromanya muncul. Tawas bermanfaat bagi orang yang mengeluarkan keringat berlebih. Batu ini tersedia dalam bentuk sabun kecil dan serbuk yang bisa ditaburkan di sekitar ketiak.

Rutin Mengganti Celana Dalam

Hal terakhir yang harus dilakukan jika Anda ingin menghindari bau badan yang kuat adalah rutin mengganti celana dalam. Beberapa orang mungkin tidak mudah berkeringat, namun ada yang mudah berkeringat dan aroma badannya tidak sedap, bahkan saat hanya duduk. Jika Anda termasuk yang mudah berkeringat, pastikan untuk selalu membawa celana dalam cadangan. Jika di siang hari, setelah makan Anda berkeringat dan aroma badan mulai tidak sedap, segera ganti celana dalam. Jika Anda memiliki waktu yang lebih lama, mandi di tempat kerja agar tubuh lebih segar.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah tubuh berbau tidak sedap. Dengan mengikuti tips di atas, bau badan akan tetap segar dan Anda tidak akan merasa terganggu. Jika Anda hanya bekerja di rumah, mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, jika harus bertemu banyak orang, bau badan dapat menjadi masalah.

Sumber:

  1. Santos-Longhurst, Adrienne. 2019. How to Smell Good All Day. https://www.healthline.com/health/how-to-smell-good-all-day. (Diakses pada 6 Desember 2019)
  2. Serras, Leanna. 2019. How to Smell Good: 18 Ways to Smell Fresh All Day. https://www.fragrancex.com/blog/how-to-smell-good/. (Diakses pada 6 Desember 2019)

About The Author

Tamoxifen: Fungsi, Dosis, Cara Pakai, Efek Samping, dll

Mengenali Jenis Aroma Vagina dan Bahayanya